Makassar (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan untuk melakukan pengembangan kambing Boerka di Desa Tamannyeleng, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat peresmian program pengembangan sapi boerka di Kecamatan Barombong, Jumat, mengatakan bahwa program ini merupakan komitmen bersama untuk menjadikan negara dan daerah ini lebih maju dan mandiri di masa yang akan datang dengan sumber daya yang dimiliki.

"Program ini merupakan komitmen bersama untuk menjadikan negara dan daerah agar lebih maju dan mandiri di masa yang akan datang dengan sumber daya yang dimiliki," ujarnya.

Mentan Syahrul Yasin Limpo didampingi Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi serta Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyatakan komitmen bersama untuk membawa bangsa lebih maju melalui semua potensi sumber daya yang dimilikinya menjadi modal agar negara bisa mandiri di masa depan.

"Kita hadir di sini tiada lain untuk membangun komitmen bahwa besok harus lebih maju dan negara makin mampu mandiri dengan kekuatan dan sumber daya yang dia miliki. Kemudian kita harus memang menghadirkan suatu langkah-langkah yang makin terukur dengan menggunakan akal sehat kita," katanya.

Syahrul juga mengatakan pengembangan kambing boerka di Kabupaten Gowa ini merupakan yang pertama di Indonesia bagian timur.

Oleh karena itu, ia berharap kedepannya bisa lebih dikembangkan lagi, sehingga bisa menjadi percontohan bagi daerah lain.

"Saya senang ini hari seperti ini, kita uji coba dulu di sini. Kasih contoh Indonesia dari sini. Kalau ini jadi, semua Kesatuan akan belajar dari sini. Kita bangga juga punya Brimob tempat belajar," ungkapnya.

Selain itu, mantan Gubernur Sulsel dua periode ini juga berharap kegiatan pengembangan kambing boerka ini bisa melibatkan masyarakat, sehingga dampaknya juga bisa dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Gowa.

Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi yang mewakili Kapolda Sulsel menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertanian atas dukungan kepada Brimob Polda Sulsel. Dirinya berharap program ini bisa dilanjutkan di batalyon-batalyon lain yang ada di Sulawesi Selatan,

"Mudah-mudahan proyek percontohan ini bisa diikuti oleh Brimob-Brimob yang ada di Indonesia dan mudah-mudahan dengan proyek strategis ini brimob bisa memberdayakan anggotanya membudidayakan kegiatan terkait pengembangan kambing Indukan," harapnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan peninjauan kandang kambing boerka dan penanaman pohon di sekitar kandang.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024