Mamuju (ANTARA) - Bupati Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat Andi Ibrahim Masdar mengajak para kepala desa di daerah itu agar bersama pemerintah daerah membangun desa dan mensejahterakan masyarakat.

"Saya mengajak para kepala desa bersama BPD atau aparat desa terkait untuk bekerja sama bergandengan tangan membangun desa dan mensejahterakan masyarakat desa," kata Andi Ibrahim Masdar, Selasa.

Hal itu disampaikan Andi Ibrahim Masdar saat melantik dan mengambil sumpah 67 kepala desa terpilih pada pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Polewali Mandar, periode 2022-2028.

Pada kesempatan itu, Bupati juga melantik dua orang kepala desa Pergantian Antar Waktu (PAW) periode 2022-2024.

Penyematan tanda jabatan kepada para kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak itu tersebar di 67 desa pada 14 kecamatan tersebut turut disaksikan Wakil Bupati,, Dandim 1402/Polewali Mandar, Kapolres, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar serta unsur forkopimda setempat lainnya.

Pengambilan sumpah jabatan para kepala desa itu tetap dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Pada hari ini saya sebagai Bupati Polewali Mandar, resmi melantik saudara sebagai kepala desa. Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," kata Andi Ibrahim Masdar.

Bupati juga menyampaikan selamat kepada kepala desa yang terpilih dan dilantik dan berharap dapat melaksanakan tugas melayani masyarakat dengan jujur, bersatu dengan aparat desa lain membangun desa mensejahterakan rakyat.

"Kepada para kepala desa yang sudah dilantik saya ucapkan selamat. Saudara harus membuat program kerja yang lebih baik, yang langsung menyentuh masyarakat desa yang membutuhkan," ucapnya.

"Mari bersatu demi kesejahteraan rakyat, mengajak masyarakat agar bisa membangun bersama-sama, kalau tidak ada pendukung-pendukung  sulit membangun," tutur Andi Ibrahim.

Menjadi kepala desa menurut Andi Ibrahim, tidaklah mudah.

Ia berharap aparat desa bergandengan tangan membangun infrastruktur jalan, sekolah di desa untuk dilakukan intervensi pembangunan sesuai aturan.

Ia juga menegaskan para kepala desa agar menjalankan amanah jabatan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Polewali Mandar Andi Nursami Masdar menyebut, pelantikan kepala desa terpilih berjumlah 67 orang, ditambah dua orang kepala desa PAW, yakni Desa Sepporaki dan Desa Tammangalle. 

"Saya minta agar kepala desa segera bekerja mempelajari tentang desa, apa saja yang perlu ditingkatkan pembangunan. Para kepala desa juga saya harapkan bisa merangkul semua masyarakat di desa masing-masing," kata Andi Nursami.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024