Makassar (ANTARA) - Pewarta Foto Indonesia ( PFI ) Makassar menggelar pameran foto dengan tema " New normal " dan peluncuran buku 'life after pandemic' di Phinisi Point ( Pipo ) Mal Makassar, Sulawesi Selatan, pada 10-16 Januari 2022.

Ketua PFI Makassar Iqbal Lubis dalam keterangannya di Makassar, Selasa, mengatakan kegiatan ini diadakan untuk mengingatkan kita bagaimana potret perjalanan Kota Makassar selama menghadapi pandemi COVID-19.

"Kita ingin berbagi, dan menunjukkan apa saja yang terjadi selama pandemi COVID-19 ini, yang memberi banyak pengalaman hidup sekitar  dua tahun terakhir," kata Iqbal.
  Pengunjung mengamati karya fotografi yang dipamerkan di Phinisi Point Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (10/1/2022). Pameran yang berlangsung pada 10-16 Januari 2022 itu digelar oleh Pewarta Foto Indonesia ( PFI ) Makassar dengan menampilkan 162 foto bertema " New Normal". ANTARA FOTO/ Arnas Padda / yu/ nym

Menurutnya, banyak cerita yang hadir dan berhasil diabadikan dalam bentuk visual oleh teman-teman di PFI Makassar dari pilu, sedih hingga New Normal, meski tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kegiatan ini tentunya akan sangat menarik untuk dikunjungi, karena banyak hal yang dipamerkan. Masyarakat bisa melihat proses yang terjadi selama pandemi . Suka dan duka, serta banyak hal yang bisa menginspirasi,” lanjut Iqbal .

Ia menambahkan, sekitar 100 foto yang dipamerkan merupakan hasil jepretan para fotografer di Makassar.

"Dari foto-foto itu, yang foto tunggal atau foto cerita, tentang pandemi Covid- 19 dan New Normal. Dan dicatat agar bisa terus dilihat dan bisa menjadi pelajaran untuk kedepannya dalam menghadapi pandemi lainnya. Ini juga sebagai bentuk apresiasi bagi para jurnalis foto,” imbuh Iqbal .
  Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar Mahyuddin mengamati karya foto yang dipamerkan di Phinisi Point Makassar di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (10/1/2022). Pameran yang berlangsung 10-16 Januari 2022 tersebut digelar oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar dengan menampilkan sebanyak 162 foto bertema "New Normal". ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/nym.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar Mahyuddin mewakili Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto saat membuka acara ini pada Senin (10/1) mengaku salut dengan apa yang dihasilkan oleh para wartawan foto di Kota Makassar.

Salut dengan apa yang ditunjukkan oleh para reporter foto di Makassar. Di awal pandemi mereka mampu mengabadikan banyak momen ketika semua pihak berjuang dan mengatasi pandemi . Ke depan potret ini bisa menjadi stimulan bagi masyarakat untuk menjaga diri. agar gelombang COVID- 19 bisa ditekan,” seru Mahyuddin

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024