Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengalokasikan anggaran sekitar Rp3 miliar untuk pengadaan sarana dan prasarana perikanan tangkap pada 2012.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Arsyad Hafid di Mamuju, Selasa mengatakan, anggaran tersebut bersumber dari APBD.

Ia mengatakan, anggaran yang dialokasikan untuk sektor perikanan tangkap tersebut untuk pengadaan sarana dan prasarana tangkap bagi nelayan yang saat masih banyak belum memadai dimiliki nelayan.

"Sulbar yang memiliki garis pantai 677 kilometer memiliki masyarakat yang berpenghasilan sebagai nelayan makanya sektor perikanan tangkap perlu dibantu sarana dan prasarananya agar dapat maksimal mendukung meningkatkan ekonomi Sulbar dari produksi perikanan," katanya.

Menurut dia, selain mengalokasikan anggaran untuk perikanan tangkap pemerintah di Sulbar juga mengalokasikan anggaran untuk sektor perikanan lainnya, yakni menganggarkan program pemberdayaan masyarakat pesisir sekitar Rp100 juta.

Kemudian juga mengalokasikan anggaran untuk program pemberdayaan budi daya perikanan sekitar Rp500 juta.

Ia berharap dengan bantuan anggaran sektor perikanan itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di pesisir Sulbar agar angka kemiskinan Sulbar yang mencapai 13.5 persen ditahun 2011 dapat ditekan pada tahun depan.

Kemudian juga dapat memacu pertumbuhan ekonomi Sulbar yang berkisar 11.9 persen di tahun 2011 agar turut meningkat di tahun 2012. (T.KR-MFH/S023) 




Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024