Makassar (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah Pasar Makassar Raya bersama Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Sulsel sspakat membentuk Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM) untuk menjaga keamanan pasar.

Penjabat Direksi Perumda Pasar Thamrin Mensa di Makassar, Rabu, mengatakan, FKPM salah satu upaya bersama dengan kepolisian dalam menjaga keamanan pasar.

"Terima kasih kepada Dirbinmas Polda Sulsel Kombes Pol Heru Santo atas kunjungannya ke kantor Perumda Pasar Makassar Raya. Insha Allah sinergitas dalam hal Harkamtibmas ini akan terus berlanjut kedepannya karena harus kita sadari bahwa menjaga dan memelihara Kamtibmas lingkungan pasar itu merupakan tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Ia mengatakan, keamanan dan kenyamanan pasar menjadi perhatian dari para konsumen di tengah persaingan usaha saat ini.

Pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan prima, serta menjaga keamanan dan kenyamanan jika berbelanja di pasar-pasar tradisional.

Thamrin mengatakan perlunya sistem pengamanan pasar demi terjaganya keamanan dan ketertiban di lingkup pasar untuk menjaga kepercayaan masyarakat pedagang.

"Jika pasar aman dan nyaman akan membuat pedagang senang berbelanja di pasar. Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat khususnya pelanggan," katanya.

Dirbinmas Polda Sulsel Kombes Pol Heru Santo mengatakan ingin menindaklanjuti kerjsama yang digagas dengan Perumda Pasar Makassar dalam rangka terciptanya keamanan di dalam lingkup pasar tradisional dan rencana pembentukan Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM). 

"Ini merupakan tindaklanjut gagasan kerja sama dalam hal peningkatan keamanan di Pasar Tradisional dan sekaligus rencana pembentukan Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat dalam lingkup pasar," jelas Heru. 

Sebelumnya jajaran Polda Sulsel telah melaksanakan sosialisasi pembentukan FKPM Kawasan tersebut yang digelar di ruang rapat Perumda Pasar Makassar. 

"Sebelumnya sudah ada sosialisasi terkait rencana pembentukannya. Dan kita berharap dengan hadirnya FKPM Kawasan ini, kita selalu rutin melakukan silahturrahim dan berkoordinasi dengan pihak Perumda Pasar serta para pedagang dan unsur terkait yang berada di wilayah pasar tradisional. khususnya dalam hal Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (kamtibmas ) agar kewilayahan selalu dalam situasi yang aman, nyaman, dan kondusif," ucapnya.

 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024