Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, merencanakan pembangunan jalan yang menghubungkan daerah Salubatu ke Kecamatan Bonehau, Kabupaten Mamuju, membutuhkan anggaran senilai Rp330 miliar.

"Jalan yang menghubungkan daerah Salubatu - Bonehau sepanjang 92,97 kilometer ini membutuhkan anggaran yang gemuk. Makanya, kita rencanakan alokasi anggaran untuk membangun infrastruktur jalan tersebut membutuhkan dana yang besar," kata Gubernur Sulbar H Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Sabtu.

Menurut gubernur, pembangunan jalan yang menghubungkan daerah Salubatu ke Bonehau merupakan kebutuhan mendasar untuk segera ditindaklanjuti.

Karena itu kata dia, pemerintah pusat diharapkan bisa memberikan anggaran untuk merampungkan pembangunan infrastruktur jalan yang ada di daerah itu.

"Kondisi jalan yang menghubungkan daerah itu sangat memprihatinkan karena telah hancur tanpa ada perawatan yang memadai. Ini menjadi tanggungjawab kami selaku kepala pemerintahan wakil pemerintah pusat yang berkedudukan di daerah," katanya.

Anwar menyampaikan, sisa anggaran tahun 2011 senilai Rp200 triliun yang ada di pusat diharapkan dikembalikan ke daerah.

"Kebijakan pemerintah pusat sangat kita nantikan untuk menggelontorkan anggaran ke daerah tertinggal guna membangun infrastruktur jalan," jelasnya.

Ia mengatakan, daerah Sulbar sebagai provinsi termuda di Indonesia tentu masih sangat tertinggal dan membutuhkan ada kebijakan anggaran untuk dialokasikan ke Sulbar.

"Ketertinggalan daerah ini juga akibat masih banyaknya daerah yang terisolir akibat belum adanya pembangunan infrastruktur yang memadai," katanya.

Jika pembangunan jalan pada daerah terisolir bisa dilaksanakan kata dia, maka kemiskinan akan bisa ditekan secara optimal.

"Wilayah pedesaan merupakan sentra produksi hasil pertanian dan perkebunan. Namun, potensi produksi pertanian dan perkebunan itu belum terdistribusi dengan baik akibat sarana jalan yang belum memadai," pungkasnya.
(T.KR-ACO/Y008) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024