Mamuju (ANTARA) - Bupati Majene Andi Achmad Syukri meminta organisasi perangkat daerah (OPD) setempat mengoptimalkan usulan program/kegiatan dari proses musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang).

"Saya minta pimpinan OPD, pada proses penyusunan program dan kegiatan dalam rencana kerja, mengutamakan usulan yang lahir dari proses musrenbang," kata Andi Achmad Syukri, pada pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan tahun 2022, Kamis.

"Namun hal itu harus tetap mengacu pada aturan teknis dan administrasi, sesuai kewenangan setiap OPD. Terpenting, memperhatikan konsistensi dan sinkronisasi terhadap pemenuhan indikator kinerja daerah dalam RPJMD Kabupaten Majene," tambahnya.

Bupati menyampaikan bahwa dari hasil evaluasi pelaksanaan musrenbang beberapa tahun terakhir, daya serap hasil musrenbang yang terakomodir dalam APBD masih rendah. 

Hal tersebut, menurut Andi Achmad Syukri,  menunjukkan mekanisme dan metode pelaksanaannya perlu dilakukan penyesuaian, dan penyempurnaan melalui pendekatan dan inovasi khusus. 

Sehingga, lanjut Bupati, kedudukan musrenbang sebagai ruang aspirasi yang konstitusional, dapat berjalan lebih optimal dan sesuai harapan masyarakat secara menyeluruh.

"Untuk itu, perlu dilakukan intervensi kebijakan khusus dalam pelaksanaan musrenbang, seperti implementasi program Desa/Kelurahan Emas yang merupakan singkatan dari ekonomi masyarakat sejahtera," ujarnya. 

"Pada program itu, setiap desa/kelurahan akan memperoleh alokasi dana khusus sebesar Rp100 juta yang diarahkan pada pengembangan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal," jelas Andi Achmad Syukri.

Hal tersebut, menurut Bupati, sejalan dengan prioritas kebijakan nasional, yakni pemulihan ekonomi nasional pascapandemi COVID-19 yang memberikan dampak yang multidimensional termasuk di Kabupaten Majene. 

Implementasi kebijakan tersebut lanjutnya, diharapkan dapat menjadi stimulus dalam meningkatkan daya serap musrenbang yang terakomodir dalam APBD serta memberikan dampak jangka panjang terhadap penguatan ekonomi masyarakat. 

Ia juga berharap terjadi kesepakatan dan sinergi serta penyatuan langkah antara unsur eksekutif dan legislatif dengan menjadikan usulan musrenbang sebagai sumber aspirasi utama pada penyusunan program kerja dan pokok-pokok pikiran DPRD untuk diselesaikan dan dianggarkan melalui APBD Kabupaten Majene.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024