Kupang (ANTARA News) - PT TransNusa Aviation Mandiri, satu-satunya penerbangan swasta yang berbasis di Kupang, Nusa Tenggara Timur, mulai Senin (23/1) menghentikan sementara penerbangan rute Kupang-Manggarai akibat cuaca buruk.

"Kami memutuskan menghentikan sementara penerbangan rute Kupang-Manggarai PP hingga 3 Februari karena pertimbangan cuaca yang tidak selalu memungkinkan pesawat melakukan pendaratan," kata Manajer Pengembangan Bisnis PT TransNusa Aviation Mandiri Budhy Karsidin di Kupang, Selasa.

Dia mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan seputar pelayanan transportasi udara untuk masyarakat di provinsi kepulauan itu menyusul hujan yang terus mengguyur wilayah ini dalam beberapa hari terakhir.

Menurut dia, sejak Minggu (22/1) pihaknya membatalkan penerbangan ke sejumlah daerah di NTT, termasuk rute penerbangan Kupang-Manggarai karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.

"Khusus rute penerbangan Kupang-Manggarai, untuk sementara ditutup sampai keadaan cuaca benar-benar membaik," katanya.

Hal ini disebabkan letak Bandara Frans Sales Lega di Kabupaten Manggarai berada di lembah sehingga pada saat terjadi kabut tebal menyelimuti daerah pegunungan sekitarnya, ikut menutup landasan pacu.

Mengenai transportasi alternatif , dia mengatakan bagi masyarakat yang hendak ke Manggarai bisa terbang melalui bandara Soai di Kabupaten Ngada atau Bandara Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

"Untuk sementara rute penerbangan lain seperti Kupang-Kalabahi, Kupang-Maumere, Kupang-Ende, Kupang-Waingapu dan Kupang-Tambolaka serta Kupang-Larantuka, sudah kembali normal," katanya. (T.B017/E005) 


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024