Makassar (ANTARA) - Wahdah Inspirasi Zakat Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS WIZ) memberikan bantuan kepada 12 gerobak untuk UKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Direktur Laznas WIZ Syahruddin melalui keterangannya di Makassar, Kamis, mengatakan bantuan 12 gerobak ini ditujukan untuk keluarga pra sejahtera dan kurang mampu, melalui Program Berkah Mandiri “Tebar Gerobak Nusantara”.

Pendirian program ini didasari oleh keprihatinan atas kondisi UKM yang kekurangan modal usaha.

“Keterbatasan ini membuat mereka tertinggal jauh dan kalah bersaing dibandingkan pedagang lain. Ini juga tahap awal untuk target 50 gerobak yang akan kami hadirkan di kota Makassar,” ujarnya.

Program yang digagas sebelum Ramadhan ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang fokus membangun mitra usaha.

Syahruddin berharap lembaga zakat harus berpikir panjang dan keras, sehingga dari 12 gerobak ini akan lebih banyak lagi gerobak berkah di masa depan.

Sementara itu, Kepala Zakat Informasi Keagamaan Islam dan Kanwil Wakaf Kementerian Sulsel Dr Kaswad Sartono mengapresiasi langkah WIZ untuk mendorong pelaku usaha mandiri.

“Sesuai dengan motto Baznas, kami ingin zakat ini aman sesuai syariah, artinya sasaran penerima manfaat sesuai dengan delapan asnaf, dan yang terpenting aman sesuai regulasi. Pembiayaannya aman dari audit, artinya berkompeten dan amanah dalam mengelola keuangan rakyat,” ujarnya.*

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024