Mamuju (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, mengatakan, saat ini negara Indonesia menghadapi tiga masalah besar yang menjadi perhatian pemerintah.

"Ada tiga persoalan yang menjadi masalah yang harus kita laksanakan yakni terkait reformasi Birokrasi, terkait masalah korupsi dan perbaikan infrastruktur,"kata Menpan, Azwar Abubakar saat berada di Mamuju, Kamis.

Menurutnya, perlu digenjot kegiatan pelaksanaan sosialisasi Reformasi Birokrasi diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para pegawai di lingkungan pemerintah.

"Untuk mendukung upaya reformasi birokrasi tidak akan berjalan optimal jika tidak didukung oleh penatausahaan birokrasi dan kinerja pegawai yang baik. Karena itu, butuh sosialisasi agar upaya reformasi birokrasi tercapai sesuai harapan,"katanya.

Ia mengatakan, pemerintahan yang bersih dan berwibawa harus didukung oleh sumber daya aparatur pemerintah yang baik atau memiliki kemampuan bekerja di bidangnya.

Menpan mengatakan, aparatur yang bersih dan berwibawa, responsif dan berdisiplin tinggi, serta mempunyai sikap mental yang mendukung pemerintahan yang baik (good governance) harus terlaksana secara optimal.

"Pemerintah harus berdedikasi tinggi dalam mendukung pemerintahan yang good governance,"ungkap dia.

` Demikian halnya dengan persoalan korupsi kata dia, juga menjadi masalah serius.

Karena itu, kata dia, pencegahan korupsi akan bisa tertangani apabila aparatur pemerintah memiliki dedikasi yang tinggi.

Menpan menambahkan, pemerintah pusat juga serius menggenjot pembangunan infrastruktur untuk mendukung kegiatan ekonomi masyarakat.

"Kita berharap, tiga hal ini bisa kita capai dalam rangka mewujudkan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Menpan.(T.KR-ACO/S006) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024