Makassar (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan mengingatkan bagi para pemudik yang hendak menggunakan kendaraan pribadi maupun umum untuk mudik Idul Fitri 1443 Hijriah, agar memastikan kendaraan laik jalan beserta kelengkapan dokumennya.

"Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor pribadi, untuk tetap mempersiapkan fisik kendaraan, surat kelengkapan kendaraan, dan paling penting taat rambu lalulintas," ujar Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Faizal, di Makassar, Selasa.

Ia menjelaskan, mengapa pemudik diingatkan agar selalu memperhatikan kendaraan, selain menjaga kemungkinan terjadi mogok di jalan, juga mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Seperti kelaikan pada pengereman serta lampu kendaraan itu patut menjadi perhatian pengendara.

Untuk musim mudik lebaran tahun ini, kata dia, persiapan telah dilaksanakan dengan tema 'Mudik Aman Mudik Sehat 2022'. Ditlantas Polda Sulsel pun sudah siap melaksanakan pengawalan mudik bagi masyarakat yang akan pulang ke kampung halamannya.

"Paling penting tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) dengan mengenakan masker guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penyebaran virus COVID-19," imbaunya.

Mengenai dengan pendekatan kendaraan di perbatasan jelang arus mudik lebaran tahun ini, kata Faizal, tidak akan dilakukan, begitu pula saat arus balik. Hanya saja bagi para pemudik sebaiknya tetap mengikuti aturan pemerintah dengan menjalani vaksinasi lengkap atau booster COVID-19.

"Yang jelasnya tidak ada penyekatan pada saat pengamanan arus mudik maupun arus balik lebaran tahun ini," kata perwira menengah Polri ini menegaskan.

Selain itu, demi menjamin kelancaran arus mudik dan balik, Ditlantas Polda Sulsel akan menempatkan sejumlah personil untuk bertugas di masing-masing pos pengamanan dan pos kesehatan yang telah disiapkan.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024