Makassar (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 5,7 Skala Richter di Kabupaten Luwu Timur, Sulsel tidak berpotensi tsunami.

"Gempa yang terjadi sekitar pukul 09.17 WIB, Senin (16/4), pada bagian 82 kilometer sebelah tenggara Lutim, Sulsel dinyatakan aman dari Tsunami," kata Kepala Bidang Pelayanan Jasa dan Informasi Sujarwo di Makassar, Senin.

Menurut dia, gempa yang sempat membuat panik warga setempat merupakan dampak dari gempa yang terjadi di Poso, Sulteng yang mencapai 6,1 SR.

Adapun lokasi gempa dengan kedalam 10 km di Lutim, berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Wilayah IV Makassar diketahui, 2,59 Lintang Selatan dan 121,85 Bujur Timur pada 82 km bagian Tenggara Lutim, Sulsel.

Pada saat yang sama gempa juga terjadi pada 97 km Tenggara Morowali, Sulteng, 104 km Timur Laut Kolaka Utara, Sulra dan 164 km Barat Laut Kendari, Sultra.

Sementara itu, salah seorang warga Kabupaten Lutim, Sulsel Rustam mengatakan, gempa dirasakan ketika berada di kebun.

"Gempanya tidak lama, hanya beberapa menit tapi sangat terasa goncangannya," katanya.

Meskipun tidak terjadi kerusakan lahan maupun tanaman, termasuk rumah di sekitar kebun, namun gempa tersebut sempat membuat warga panik dan segera keluar dari rumahnya. (T.S036/M009) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024