Makassar (ANTARA) - PT Telkom Indonesia Tbk siap mendukung dan mempercepat digitalisasi di Kawasan Timur Indonesia (KTI) melalui solusi pemanfaatan UMKM One Data Indonesia dan Digital Market (PaDi).

Executive Vice President Telkom Regional 7 Agus Yudha Basuki menyampaikan potensi pemanfaatan solusi digital Telkom oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di KTI termasuk Satu Data dan UMKM PaDI (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang aktif terus mendukung digitalisasi di berbagai sektor.

“Berbagai solusi dan layanan dihadirkan kepada pemerintah daerah untuk memfasilitasi kegiatan dan memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Agus di Makassar, Selasa.

Saat ini, kata dia, Telkom terus melakukan percepatan transformasi digital. Hadirnya berbagai solusi dan layanan digital yang dimiliki Telkom merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung Pemerintah dalam percepatan digitalisasi ekosistem dan komunitas di KTI.

Untuk mendukung pengelolaan data yang terintegrasi, Telkom menyediakan digitalisasi One Data melalui BigBox, sebuah platform big data full stack untuk korporasi dan pemerintah.

Selama ini Kabupaten Bulukumba merupakan satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan yang menggunakan layanan Satu Data Telkom, kabupaten lain seperti Pangkep dan Gowa berencana menandatangani nota kesepahaman kerja sama layanan Satu Data.

“Kami berharap pemerintah khususnya Pemprov Sulsel juga dapat turut serta memaksimalkan layanan ini sebagai salah satu upaya mendorong digitalisasi yang kemudian berbasis data dalam mendukung pengambilan kebijakan pemerintah,” ujar Agus.

Platform BigBox dilengkapi dengan kemampuan menjadi repositori yang mendukung pengolahan data yang terstandarisasi dalam memberikan dukungan, khususnya program One Data Indonesia.

Hal ini, menurut Agus Yudha, memungkinkan pemerintah untuk mengkonsolidasikan data yang didistribusikan menjadi satu Pengelolaan Data, serta akuisisi dan pengelolaan data eksternal untuk memperkaya data internal.

“One Data Digitalization merupakan upaya Telkom untuk menjawab tantangan dan kebutuhan yang ada. Peran BigBox dalam mengelola dan menginterpretasikan data menjadi kunci penting yang dapat dioptimalkan sebagai keunggulan kompetitif bagi instansi dan korporasi,” jelas Agus Yudha.

Lebih lanjut, untuk digitalisasi UMKM, Agus Yudha menyebutkan Telkom memiliki PaDi UMKM yang merupakan ekosistem berbasis platform digital, yang berfungsi untuk mempertemukan pelaku UMKM dengan BUMN guna meningkatkan peluang memperoleh transaksi dan pembiayaan dari BUMN.

Bagi UKM, fasilitas yang diperoleh antara lain akses pasar yang lebih luas kepada BUMN, e-commerce skala lokal dan global, pembiayaan/permodalan, dan wawasan bagi UKM untuk meningkatkan kualitas produk.

“Dengan solusi One Data dan PaDi UMKM, kita bisa semakin mengakselerasi pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah. Kami yakin dengan digitalisasi ini, kami berharap
daerah-daerah khususnya di KTI semakin baik dengan ekonomi digital nasional,” ujar Agus Yudha.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024