Makassar (ANTARA News) - Turnamen sepak bola piala Habibie yang tengah berlangsung di Kota Palopo, Sulawesi Selatan merupakan ajang untuk mencari pemain muda berbakat di daerah.

"Turnamen sepak bola memperebutkan piala bergilir mantan Presiden BJ Habibie yang digelar sejak 1990 atas prakarsa pengelola media Fajar grup dan Pemkot Parapera telah banyak menelorkan pemain yang berlaga di liga kompetisi sepak bola nasional," kata H Zulkifli Gani Ottoh, SH, salah seorang pemrakarsa telaksananya turnamen tersebut di Makassar, Selasa.

Menurut dia, turnamen piala Habibie yang digelar setiap dua tahun, pertama kali diselenggarakan di Parepare, kota kelahiran BJ Habibie, tetapi tahun ini pelaksanaannya di Kota Palopo dan sebelumnya di Kota Enrekang.

Karena sudah menjadi kalender tetap PSSI, maka pelaksanaan turnamen akan digelar secara bergilir di 24 kota dan daerah di Sulsel, tutur Zulkifli yang juga Komisaris Media Fajar grup.

Tanpa menyebut nama sejumlah pemain jebolan piala Habibie yang kini berkiprah di pentas sepak bola nasional, Zulkifli menyatakan bahwa selain melibatkan tim daerah setempat, turnamen ini juga melibatkan tim peserta luar provinsi antara lain tim asal Pappua, Sulteng, Sultra, Sulbar dan Kaltim.

Dia mengatakan, selain jumlah peserta yang bertambah setiap tahun, panitia yang dikelola bersama media Fajar grup dan pemkab juga terus meningkatkan kualitas turnamen serta jumlah hadiah.

Untuk pelaksanaan turnamen piala Habibie XX tahun ini panitia penyiapkan hadiah berupa dana pembinaan sebesar Rp150 juta, meningkat dibanding sebelumnya 2010 Rp125 juta.

Turnamen Piala Habibie 2012 kini berlangsung di stadion Lagaligo Palopo melibatkan 16 tim peserta yang dibagi dalam empat pool yang dimainkan dengan sistem pertandingan setengah kompetisi. (T.S016/F003) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024