Mamuju (ANTARA) - Longsor yang sebelumnya menutup jalan trans-Sulawesi antara kota Mamuju menuju Kabupaten Mamasa yang terletak di pegunungan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) telah dibersihkan.

Alat berat pemerintah di Mamuju telah dikerahkan untuk membersihkan material longsor yang menimbun jalan poros trans-Sulawesi di wilayah Desa Uhaimate Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, Minggu.

Jalan poros di Desa Uhaimate Kecamatan Kalukku itu merupakan jalan penghubung antara Kota Mamuju dengan Kabupaten Mamasa.

Kapolsek Kalukku Ipda Sirajuddin mengatakan material longsor di Desa Uhaimate yang terjadi dua titik sudah disingkirkan, dan akses jalan trans Sulawesi antara Kota Mamuju dengan Kabupaten Mamasa sudah dapat dilalui.

"Masyarakat sudah dapat melalui jalan poros Mamasa menuju kota Mamuju, untuk melakukan aktivitas ekonomi," katanya.

Longsor tersebut terjadi akibat hujan deras yang mengakibatkan badan jalan tertutupi material, akibatnya kendaraan roda empat tertahan dan tidak bisa melintas, baik dari kota Mamuju maupun dari Kabupaten Mamasa.

Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun membuat aktivitas ekonomi masyarakat menjadi terganggu akibat tidak bisa melintasi longsor.

Yoshua, salah seorang warga mengatakan selain timbunan longsor terdapat juga pohon tumbang di sekitar lokasi longsoran, sehingga sulit dilalui masyarakat yang melintasi.

Ia mengatakan masyarakat tentu berterima kasih kepada pemerintah yang cepat dalam mengerahkan alat berat untuk menyingkirkan material longsor.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah yang cepat menurunkan alat berat untuk menyingkirkan material longsor sehingga masyarakat dapat melintas di ruas jalan itu," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024