Makassar (ANTARA News) - Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mendeklarasikan Forum Peduli Spermonde guna penyelamatan kerusakan ekosistem laut dan pantai di pulau-pulau yang berada dalam gugusan kepulauan Spermonde wilayah Makassar.  

"Upaya Pemerintah Kota untuk menjaga ekosistem laut khususnya di daerah kepulauan telah kami lakukan dengan membangun sarana dan prasarana, khususnya tanggul dan pemecah ombak untuk mencegah pengikisan daratan," katanya di Makassar, Selasa.

Menurut dia, mengigat kondisi kepulauan Makassar khususnya pulau-pulau yang tidak berpenghuni sangat rentan dengan terjadinya abrasi. Namun, disadari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota sangat terbatas, sehingga diperlukan bantuan dana dari pusat.  

Untuk itu, upaya penggiat lingkungan dengan penyelamatan ekosistem laut melalui forum peduli Spermonde dapat dijadikan sebagai bahan kajian dalam mencari solusi menyelamatkan keberlangsungan ekosistem laut dan pantai.  

Berkenaan dengan hal tersebut, kata dia, akan mengajukan anggaran yang dimasukkan dalam APBN 2012 melalui proposal yang bertujuan untuk membangun sarana dan prasarana serta infrastruktur pendukung lainnya.

"Deklarasi Forum ini sendiri akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan diantaranya, penyuluhan kesadaran penyelamatan ekosistem laut, pelatihan selam dan pembuatan karang buatan dengan artifisial reef atau bangkai kapal ditengelamkan. Termasuk pengadaan motor dan gorong-gorong sebanyak 300 buah di sekitar perairan Kodingareng," tambahnya.

Sebelumnya, deklarasi tersebut dilaksanakan Senin, dan dihadiri Direktur Kepolisian Perairan (DirPolair) Hari Sunyoto, perwakilan Danlantamal, Anggota DPRD Sulsel Andi Januar jauri dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Makassar Rusmayani Majid.

Forum tersebut diketuai Andi Ilhamsyah Mattalatta, dan dia mengharapkan deklarasi ini menjadi langkah awal bagi pengembangan berbagai kegiatan untuk melestarikan alam di daerah kepulauan yang terbentang bukan hanya wilayah Makassar bahkan hingga perairan Kabupaten Pangkep dan Takalar.

Ia menyatakan, kerusakan ekosistem laut dan pantai yang terjadi di beberapa kepulauan Spermonde khususnya yang dalam wilayah pemkot Makassar telah mencapai tahap memprihatinkan. Hal ini jika dibiarkan akan mengakibatkan hilangnya pulau-pulau tersebut.

"Inilah yang menjadi dasar terbentuknya forum ini, kami mengajak berbagai kalangan mulai dari LSM lingkungan, forum fotografi, klub selam, pengusaha dan seniman. Kami berharap pemkot dapat berperan aktif untuk suksesnya forum ini dan mengugah semua pihak untuk lebih peduli akan kerusakan ekosistem," paparnya. (T.KR-DF/B012) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024