Makassar (ANTARA) - Kunjungan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dalam rangka Pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Radiologi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Tim yang melakukan visitasi dari KKI adalah Prof. Dr. Melanie Hendriaty Sadono, M Biomed, PBO (Ketua Dental Council), Dr. Achmad Syukrul Amin MM (Ketua Divisi Pendidikan Kedokteran Gigi) dan Dr. Nadhyanto, Sp Pro sebagai Anggota Divisi Pendidikan Kedokteran Gigi.

Prof drg. Melanie Hendriaty Sadono, dalam keterangannya di Makassar, Kamis, mengatakan tugas dan fungsi KKI secara umum bertanggung jawab atas standardisasi kedokteran gigi untuk menghasilkan kompetensi yang sesuai secara eksternal.

“Kegiatan ini akan menghasilkan sesuatu yang positif, baik bagi Unhas maupun dunia kedokteran gigi guna menghadapi persaingan yang semakin ketat di masa mendatang,” jelas Prof Melanie.

Dekan FKG Unhas Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD, SpBM (K), mengucapkan terima kasih atas kesediaan Tim KKI untuk berkunjung.

Ia menjelaskan secara umum kesiapan FKG dalam menghadirkan program Spesialis Radiologi Gigi.

“Sebagai penyelenggara pendidikan, pimpinan Unhas memberikan motivasi yang tinggi kepada kami terkait pengembangan program-program di FKG Unhas maupun yang terkait dengan pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan gigi dan mulut yang handal,” jelasnya.

Saat ini program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis berjumlah delapan bidang, dan FKG Unhas menjadi salah satu Lembaga Pendidikan terlengkap di bidang Pendidikan Dokter Gigi Spesialis.

Pembukaan program ini untuk menunjukkan eksistensi profesi dokter gigi. Ia mengharapkan dukungan dari KKI untuk pembukaan dan pengembangan PPDGS Radiologi Kedokteran Gigi serta pengembangan Prodi lainnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof Dr Ir Muh Restu MP, mengatakan Unhas merespons sangat positif dan memberikan dukungan penuh terhadap upaya peningkatan dan pengembangan kualitas pembelajaran.

FKG Unhas merupakan salah satu fakultas yang memberikan kontribusi besar bagi kemajuan Unhas. Dalam empat tahun terakhir, FKG Unhas telah membuka empat program spesialis.

“Pengembangan program di tingkat spesialis, magister, dan doktor merupakan bentuk keterlibatan dan peran Unhas untuk bersama-sama mempersiapkan dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas baik skala lokal, nasional maupun internasional,” jelas Prof Restu.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024