Makassar (ANTARA News) - Pendiri Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh menegaskan perubahan dan kelanjutan untuk negara Indonesia dimulai dari orang muda.  

"Dimana saja perubahan itu dimulai dari orang muda," katanya dalam apel siaga 5.000 Pasukan Barisan Reaksi Cepat (Baret) Garda Pemuda Nasdem sekaligus Pelantikan Liga Mahasiswa Partai Nasdem di lapagan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.  

Ia berkeyakinan, Partai Nasdem akan besar karena telah mempersiapkan secara sungguh-sungguh transformasi regenerasi orang-orang muda dan tampil membangun dan membina bangsa dan negara Indonesia.

"Makassar akan menjadi saksi sebuah cacatan perjalanan sejarah kepeloporan anak muda Sulawesi. Tentunya bukan hal baru putra-putri Sulawesi menjadi pelopor bangsa ini," paparnya memotivasi Garda Nasdem.

Orang-orang muda dalam setiap zaman, kata dia, menunjukkan semangat kepeloporan, memberikan apa yang bisa mereka berikan, jiwa maupun raga apa saja mereka berikan untuk satu cita-cita yang mereka yakini

"Memang kepeloporan anak muda diseluruh bumi ini memberikan sinyal kepada kita bahwasanya perubahan dimulai dari orang-orang muda. Mereka pasti mempunyai keyakinan Indonesia bisa berubah," ucapnya.

Dirinya percaya putra Sulawesi saat ini bisa diandalkan, Indonesia tidak mungkin berlanjut dengan modal pedekatan. Kehidupan aspek masyarakat sosial ekonomi seperti yang dirasakan saat ini jauh dari harapan.  

Pria yang juga Ketua Ormas Nasdem itu berkeyakinan bahwa putra Sulawesi tentu tidak akan menggunakan akal pikiran yang ada pada diri mereka tapi juga punya hati nurani. Perpaduan Akal dan hati nurani tentunya bisa diharapkan untuk perjuangan merubah Indonesia lebih baik.

"Indonesia harus berubah, kalau tidak berubah maka kita tidak bisa melihat masa depan yang gemilang dari satu bangsa besar seperti Indonesia ini," harapnya.

Kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia, lanjutnya, bukan hadiah cuma-cuma dari kaum penjajah, mereka bahkan mengadu domba antara satu sama lain termasuk mengeksploitasi semua yang ada.  

Sejarah membuktikan kaum muda pada waktu itu betul tampil dengan gagasan dan pemikiran strategis, bahkan telah mempersiapkan diri secara sungguh-sungguh guna mendapatkan kemerdekaan.

"Kita akan mengakhiri ini dalam waktu sesingkat-singkatnya. Untuk itulah kita mengkonsolidasikan seluruh potensi, kekuatan yang ada pada kita dan mengajak seluruh lapisan masyarakat dalam arus gerakan perubahan, restorasi Indonesia," tandasnya.

Ia menambahkan, diperlukan sikap yang lebih jujur untuk diri dan sesama anak bangsa termasuk sikap tulus dan terang sesama anak bangsa. Disinilah peran garda pemuda Nasdem dan Liga Mahasiswa Nasdem dengan memberikan pemikiran strategis mengajak sesama orang muda yang memiliki Visi misi sama untuk meningkatkan intelektualitas.

"Tawarkan pemikiran gerakan perubahan, kembalikan semangat patriotisme dan nasionalisme untuk membangun negeri ini.

Saya berharap Sulawesi menjadi pionir dalam gerakan perubahan," katanya menambahkan.
Hadir dalam acara itu, Ketua Umum Nasdem H Patris Rio Kapela, Ketua Umum Garda Pemuda Nasdem Martin Manurung, Ketua Umum Liga Mahasiswa Willy Aditya, Ketua DPW Nasdem Sulsel Sanusi Ramadhan dan beberapa petinggi partai lainnya.

Hadir pula Wali kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Anggota DPR RI Akbar Faisal dan Fungsionaris Partai Hanura Dewie Yasin Limpo.  (T.KR-DF/R010) 

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024