Makassar (ANTARA News) - Agen tunggal pemegang merk Hino di Indonesia PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menargetkan total penjualan secara nasional dapat mencapai 35 ribu unit pada 2012.

Sales and Promotion Director PT HMSI Santiko Wardoyo di Makassar, Rabu, menjelaskan, pada 2011, pihaknya berhasil mencapai angka penjualan nasional sebanyak 25.400 unit dan menguasai pangsa pasar kendaraan niaga sebesar 55,8 persen.

Menurutnya, pangsa pasar Hino sejak 2002, terutama pada tiga tahun terakhir berada pada angka rata-rata 59 hingga 60 persen. Prosentase pangsa pasar pada periode Januari hingga Mei 2012, juga telah berada pada angka 53,52 persen.

Secara nasional Hino memiliki 117 sales outlet, 1.539 toko suku cadang dan 148 "authorized workshop" termasuk 3S (sales, service and spare part). Sementara di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan layanan 3S dan jaringan suku cadang telah mencapai enam outlet.

Dari total angka penjualan nasional tersebut, angka penjualan di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat, melalui PT Kumala Motor Sejahtera (KMS) sebagai diler HMSI di Makassar, berkontribusi sebesar empat persen atau sebanyak 955 unit dari target sebanyak 855 unit. Pada 2012, ditargetkan penjualan di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat dapat mencapai 1.200 unit.

Komisaris PT KMS Erwin Tandiawan, mengatakan, pihaknya saat ini didukung oleh jaringan penjualan, pelayanan dan suku cadang di Kota Makassar dan Mamuju dan berencana memperluas jaringan di Kota Palopo, Kendari dan Kolaka pada 2013.

"Berkembangnya bisnis pertambangan, perkebunan, pertanian, transportasi dan ekspedisi di Sulawesi Selatan adalah pasar potensial," kata Erwin.

Terkait pertumbuhan permintaan pasar yang terus mengalami peningkatan, President Director PT HMSI Toshiro Mizutani, menambahkan, pada tahun ini pihaknya akan menanamkan investasi senilai 125 juta dolar Amerika untuk melakukan peningkatan kapasitas produksi sebanyak 50 ribu unit per tahun, dari kapasitas produksi saat ini sebanyak 35 ribu unit per tahun.

Peningkatan kapasitas produksi ini tidak hanya untuk melayani pasar di Indonesia tapi juga beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggannya di Makassar, PT HMSI dan PT KMS menggelar "Hino Night" dengan mengundang 265 pelanggan setianya. "Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan baik antara konsumen, diler dan HMSI serta memberikan penghargaan kepada pelanggan di Makassar, Sulawesi Selatan yang telah mempercayakan kendaraan niaga kepada Hino," kata Toshiro. (T.KR-RY/S006) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024