Mamuju (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik mengatakan Ehime Toyota Motor Corporation akan memberi bantuan kendaraan pemadam kebakaran (damkar) dan ambulans untuk Pemprov Sulbar.

"Bantuan kendaraan damkar dan ambulans ini untuk meningkatkan pelayanan dasar masyarakat di Sulbar," ujar Akmal dalam keterangan tertulis yang diterima di Mamuju, Jumat.

Akmal Malik mengatakan pihaknya menemui perwakilan Ehime Toyota Motor Corporation di Jakarta, hingga membahas rencana pemberian bantuan kendaraan damkar dan ambulans untuk Pemprov Sulbar.  

"Perusahaan Ehime Toyota sepakat akan memberikan bantuan kendaraan damkar dan ambulans untuk Pemprov Sulbar dalam bentuk hibah," katanya.

Bantuan dari perusahaan Jepang berbentuk hibah tersebut akan diberikan melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sehingga akan dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman antara pemberi bantuan dengan Pemerintah Sulbar.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah di Sulbar terus berupaya menjalin kerja sama dengan pihak swasta dalam rangka meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan, pendidikan dan pelayanan publik lainnya.

"Pemerintah Sulbar juga terus mendorong peningkatan aktivitas perekonomian masyarakat di Sulbar dengan mempermudah akses transportasi, dengan menjajaki kerja sama dengan sejumlah maskapai penerbangan untuk melakukan pembukaan rute penerbangan baru dari dan keluar Sulbar," katanya.

Selain mejalin kerja sama dengan perusahaan Ehime Toyota Motor Coorporation, pihaknya juga melakukan promosi terkait obyek wisata dan potensi bisnis di Sulbar yang tujuannya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Senior Vice President Ehime Toyota Motor Corporation Hidekazu Futagami berharap bantuan kendaraan damkar dan ambulas itu nantinya dapat membantu Pemprov Sulbar dan pemerintah kabupaten di daerah ini, guna memaksimalkan pelayanan publik bagi masyarakatnya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024