Makassar (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo bersama Camat Kepulauan Sangkarrang Ramli Lallo bertekad terus memperjuangkan akses layanan bagi warga pulau-pulau termasuk jaringan telekomunikasi.

"Sekarang ini zaman Industri 4.0, zaman informasi dan teknologi. Akses layanan harus merata termasuk warga kepulauan. Itu punya hak yang sama," ujarnya di Makassar, Rabu.

Rudianto Lallo mengatakan sebagian wilayah Kota Makassar, selain daratan juga ada kepulauan yang jumlahnya sekitar 11 pulau dan kebanyakan berpenghuni.

Semua warga pulau, kata Rudi, berhak atas semua fasilitas layanan yang ada di daratan, tidak terkecuali akses jaringan telekomunikasi dan internet.

Menurut dia, kebutuhan sinyal internet bagi warga pulau penting untuk mendukung berbagai aktivitas, termasuk informasi cuaca dari BMKG.

"Ini persoalan serius yang harus segera dicarikan solusi. Meski masyarakat tinggal di pulau, mereka tetap memerlukan informasi yang cepat dan mempermudah urusan. Karena itu harus diperjuangkan," katanya.

Politikus Partai NasDem itu menyatakan kesiapannya untuk memperjuangkan kebutuhan warga pulau, khususnya warga kepulauan yang sangat membutuhkan jaringan.

"Saya mendorong pemerintah dan pihak operator memasang jaringan telekomunikasi di kepulauan. Minimal bisa membantu mempermudah masyarakat yang ada di kepulauan untuk mendapatkan akses jaringan komunikasi," terangnya.

Sementara, Camat Sangkarrang Ramli Lallo mengatakan pada era modern seperti saat ini, jaringan internet atau telekomunikasi sangat dibutuhkan, tidak terkecuali bagi masyarakat yang tinggal di pulau, khususnya pulau yang berada di Kecamatan Sangkarrang.

Ramli Lallo mengaku beberapa pulau yang masih kekurangan jaringan, yakni Pulau Langkai, Lumu-lumu, Langjukang, Bonetambu, dan Kodingareng.

"Kami berharap kelak dengan adanya jaringan yang memadai di seluruh pulau akan menguntungkan masyarakat. Ini saya berkomitmen untuk memperjuangkannya," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ketua DPRD Makassar perjuangkan akses telekomunikasi bagi warga pulau

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024