Makassar (ANTARA) - Seratusan nelayan kampung Solo Pangkep menyatakan bergabung dalam Kelompok Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan untuk mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo guna maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

"Kami berterima kasih kepada teman-teman komunitas nelayan pesisir yang menjaring dukungan serta animo masyarakat, apalagi tujuan besarnya beserta janjinya nanti akan mensejahterakan nelayan," ujar Wahyu, perwakilan nelayan Kampung Solo, usai deklarasi di Kabupaten Pangkep, Sulsel, Kamis. 

Menurut dia, sosok Ganjar Pranowo dikenal  figur pemimpin yang baik, bersih serta akan dibutuhkan masyarakat Indonesia. Kepeduliannya terhadap masyarakat terlihat saat menjabat anggota DPR RI hingga kini menjabat Gubernur Jawa Tengah. 

"Kalau menurut saya, pak Ganjar itu telah dikenal pemimpin amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif serta ramah dan mudah bergaul," katanya. 

Hal senada sampaikan Aji Sahabuddin, tokoh masyarakat setempat, bahwa selama ini memantau rekam jejak Ganjar melalui berbagai media. Sikap serta kepribadiannya yang merakyat itu tentu menjadi pilihan rakyat untuk memilih pemimpinnya. 

"Dilihat dari gaya kepemimpinannya sama seperti pak Jokowi, dia merakyat dan masyarakat banyak yang suka. Kita minta di sini, warga nelayan bagaimana meningkatkan kesejahteraan mereka seperti misalnya dibantu alat tangkapnya agar penghasilan ikut bertambah," harap dia. 

Sekretaris Wilayah Kelompok Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan Fikar Gie pada kesempatan mengatakan momentum deklarasi ini merupakan bagian dari rangkaian sosialisasi dan pembentukan Kelompok Nelayan Pesisir Sulsel yang membawa aspirasi mendukung Ganjar Pranowo. 

Pembentukan perkumpulan nelayan ini, kata dia, dimaksudkan untuk meningkatkan gotong royong, mendongkrak pendapatan, dan menjadi wadah untuk memecahkan masalah  nelayan. Sejauh ini, kelompok nelayan sudah terbentuk di Kabupaten Bantaeng, Jeneponto, Gowa, Maros dan Kota Makassar. 

"Dan baru terbentuk hari ini di Kabupaten Pangkep. Kelompok nelayan pesisir menginginkan bapak Ganjar Pranowo maju sebagai Presiden kita," tutur Fikar bersemangat. 

Bahkan, selama memimpin Jateng sebagai Gubernur, tambah dia, Ganjar telah membuktikan kepeduliannya kepada nasib dan kesejahteraan nelayan. Misalnya melalui program asuransi kecelakaan, baik kecelakaan di laut maupun di darat melalui Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) yang mencakup sekitar 10 ribuan nelayan di Jawa Tengah. 

"Ke depan kami akan berkeliling Sulsel untuk membentuk komunitas-komunitas lainnya, komunitas nelayan dan Insya Allah kami akan blusukan ke semua kabupaten di Sulsel," ujarnya menambahkan.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024