Makassar (ANTARA) - Universitas Malang (UM) mengunjungi Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam rangka pengukuran pemeringkatan dan monitoring kinerja sebagai salah satu bagian dalam program World Class University (WCU).

Kunjungan yang dipimpin Direktur Perencanaan, Pemeringkatan, Hubungan Masyarakat dan Kemitraan UM Dr Juharyanto, MM MPd ini diterima Sekretaris Universitas, Prof Ir Sumbangan Baja, MPhil PhD di Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat.

Dr Juharyanto mengatakan, Unhas sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia yang secara berkelanjutan mengalami peningkatan pemeringkatan dalam WCU.

Menurut dia, sebagai PTN-BH baru, UM perlu belajar banyak dengan universitas lainnya yang memiliki rekam jejak baik termasuk Unhas.

Dr Juharyanto menambahkan, keterlibatan Unhas dalam WCU sangat terlihat melalui beberapa program yang dilakukan.

Dengan demikian, kata dia, sangat tepat untuk berkunjung ke Unhas dan saling berbagi informasi serta pengalaman mengenai langkah strategis Unhas dalam pemeringkatan dan monitoring kinerja.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Universitas Prof Sumbangan menyambut baik rombongan UM di Unhas.

Ia mengatakan capaian Unhas hingga saat ini merupakan kolaborasi dan sinergitas berbagai pihak. Selain itu, Unhas secara berkelanjutan melakukan monitoring kinerja serta melibatkan berbagai unit kerja untuk terlibat.

Prof Sumbangan menjelaskan, untuk sampai pada tahapan ini tentu tidak mudah, banyak hal yang perlu dipersiapkan dan evaluasi. Namun, koordinasi dengan seluruh stakeholder terus dilakukan.

"Kita membuat program yang sekiranya menjadi modal untuk mencapai output yang diharapkan Unhas dalam berbagai hal, bukan hanya tentang akreditasi semata. Akan tetapi lebih dari pada itu, yang sekiranya mendukung komitmen Unhas sebagai lembaga pendidikan," kata Prof Sumbangan.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Universitas Malang kunjungi Unhas dorong pemeringkatan WCU

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024