Bitung, Sulut (ANTARA News) - Wali Kota Bitung, Hanny Sondakh mendapat kehormatan untuk mempresentasikan ketahanan pangan di Kementrian Perikanan Republik Indonesia.

Kabag TUP dan Humas Pemkot Bitung, Pingkan Sondakh melalui Kasubag Humas, Erwin Kontu, Minggu, mengatakan, presentasi yang dibawakan oleh Wali Kota di tingkat nasional mencakup di bidang Kinerja Pembangunan Ketahanan Pangan.

"Dari sekian banyak Kabupaten/Kota se-Indonesia, Wali Kota Bitung, Hanny Sondakh mendapat kehormatan untuk mempresentasikan hal tersebut dalam rangka pelaksanaan pemberian penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2012 yang dilaksanakan di Bogor Botani Square, Sabtu (22/9)," katanya

Kontu mengatakan, dalam seleksi penghargaan ini masuk kategori kota hanya dua kota termasuk Bitung.

"Sedangkan untuk Kabupaten ada sebanyak delapan Kabupaten yang diseleksi," kata Kontu.

Kesempatan tersebut, Sondakh mempresentasikan Bitung yang di kenal sebagai Kota Pelabuhan dengan kawasan industrinya, tetapi dianggap mempunyai banyak inovasi dalam kinerja dan upaya pengembangan pertanian serta pembangunan ketahanan pangan.

Adapun progrtam yang digalakkan Kota Bitung demi pembangunan ketahanan pangan di daerah yaitu Gerakan Sentuh Tanah, Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon, Gerakan Cinta Lingkungan, Gerakan Tabur dan Makan Ikan serta lainnya.

Kontu mengatakan, pada akhir presentasi Sondakh mengundang tim juri untuk datang meninjau langsung ke Kota Bitung.

Adapun para juri independen, terdiri dari tim ahli dan pengamat ketahanan pangan nasional seperti Prof Bustanil Arifin, Prof Zainal Baharudin, Prof Sumarno, DR Winarno Tohir dan DR Akhmad Suryana yang juga sebagai Kepala Badan Ketahanan Pangan Pusat sekaligus sebagai Sekretaris Dewan Ketahanan Pangan RI.

Sondakh didampingi Kepala Bappeda Kota Bitung, Audy Pangemanan dan Kepala Dinas Pertanian Kota Bitung, Macawalang. (T.pso-305/A034) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024