Makassar (ANTARA) - Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengatakan jika Kejuaraan Indonesia Offroad Federation (IOF) National Championship Round 4 di Maros, Sulawesi Selatan punya misi selain olahraga, yakni kampanye ketahanan pangan.

"Saya bersama Pangkooopsau II dan Danlantamal VI mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati beserta Forkopimda Kabupaten Maros atas gerak cepat dalam menyiapkan kegiatan ini di wilayahnya," ujarnya di Makassar, Ahad.

Totok Imam Santoso mengatakan misi lain dari kegiatan olahraga itu adalah kampanye ketahanan pangan sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu untuk membantu dan menyiapkan cadangan sumber pangan.

"Kemarin kita dipanggil oleh Bapak Presiden, salah satunya mempertanyakan masalah ketahanan pangan, Alhamdulillah berselang dua hari untuk Kabupaten Maros menjadi yang pertama dalam masalah kegiatan ketahanan pangan," katanya.

Dia menyatakan, pelaksanaan offroad, kegiatan bakti sosial, dan ketahanan pangan adalah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT TNI ke 77.

Mayjen Totok menerangkan, kegiatan ketahanan pangan dalam rangkaian acara tersebut adalah dengan pencanangan penanaman jagung dan demonstrasi pembuatan silase (pakan ternak fermentasi) di wilayah Tompobulu Kabupaten Maros.

"Jadi dalam pencanangan itu, kami lakukan penanaman jagung dan demonstrasi pembuatan pakan ternak fermentasi," tuturnya.

Pencanangan penanaman jagung pada HUT TNI ini dalam rangka mendukung pemerintah untuk mewujudkan lahan pangan sebagai pilar perekonomian bangsa dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang ada di wilayah.

Ia mengaku adanya komitmen yang kuat dari Pemkab Maros dan Forkopimda saat ini untuk fokus dalam menciptakan pangan sendiri, sehingga masyarakat bisa meminimalkan pengeluaran untuk memperoleh pangan.

"Tujuannya satu yaitu untuk mensejahterakan seluruh masyarakat Indonesia," tuturnya.

Event Kejuaraan Indonesia Offroad Federation (IOF) National Championship Round 4 Sulawesi Selatan berlangsung di agrowisata Wadi Barakah, Pesantren Hidayatullah, Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu.


Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari mulai 1-2 Oktober 2022 itu diikuti sekitar 120 off roader dengan dipimpin langsung oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santosa.


Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024