Makassar (ANTARA) - Kirab Obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Sulawesi Selatan 2022 telah selesai dilakukan di delapan kecamatan di Kabupaten Sinjai sebagai salah satu rangkaian pelaksanaan kegiatan tuan rumah.

Penanggung jawab Kirab Obor Porprov 2022 Syahrul Paesa mengatakan kirab api obor Porprov dimulai Kamis (29/9) dari Desa Terasa ke  Kecamatan Sinjai Tengah, Sinjai Borong, Sinjai Selatan, Tellulimpoe Sinjai Timur, Bulupoddo dan Kecamatan Pulau Sembilan.

"Obor Porpov tersebut dikirab dari Kecamatan Sinjai Barat, tepatnya di Desa Terasa tempat di mana api obor diambil melalui tradisi Madekko dan Angesong Api Ripasan atau memantik api adat," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Makassar, Senin,

Syahrul mengatakan, dari hasil Angesong atau memantik inilah muncul api dan diambil oleh pemangku adat setempat dan diserahkan kepada Ketua KONI Sinjai Suhardiman untuk diserahkan kepada mereka yang telah ditunjuk membawa obor.

"Kirab Obor Porprov sudah dilaksanakan di delapan kecamatan. Insya Allah terakhir nanti di Kecamatan Sinjai Utara sebagai kecamatan pusat pelaksanaan Porprov 2022," kata Syahrul.

Menurut dia, kirab api obor Porpov untuk menyosialisasikan event olahraga terbesar di Sulawesi Selatan itu kepada kepada masyarakat di seluruh pelosok desa.

Selain itu, untuk memantik semangat masyarakat guna mensukseskan Porprov di Kabupaten Sinjai dan memotivasi atlet yang akan bertanding.

"Semoga api terasa bisa menjadi pemantik semangat seluruh atlet yang akan berlomba sekaligus sukses menggelorakan jiwa para atlet meraih prestasi," pungkas Syharul.

Porpov 2022 akan berlangsung pada 22–30 Oktober dengan mempertandingkan 34 cabang olahraga di dua kabupaten yang menjadi tuan rumah Porprov yang masing-masing 21 cabang di Sinjai dan 13 cabang di Bulukumba.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024