Makassar (ANTARA) - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso bersama para pejabat TNI di wilayah Makassar melaksanakan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang, Makassar.

"Ziarah yang kita lakukan ini, bukan kegiatan rutinitas, tapi kita ingin memberikan edukasi juga kepada prajurit bahwa kita mendoakan para pahlawan yang telah berjuang membela kemerdekaan," kata Pangdam disela kegiatan tabur bunga di TMP Panaikang, Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, para pahlawan yang telah gugur, karena telah berjuang menjaga keutuhan negara dan semangat patriotisme pahlawan harus dihadirkan dalam penugasan prajurit di lapangan seperti Wolter Monginsidi yang umurnya 30 tahun saat gugur di medan juang.

"Umur segitu ikut berjuang, jadi kalau kita seperti ini tidak bisa berjuang sangat disayangkan," ujarnya.

Totok pun berharap kepada prajurit untuk mendoakan dan meneladani sifat dan jiwa patriot para pahlawan.

Karena itu, ia berharap agar seluruh prajurit khususnya yang masih muda untuk meneladani para pahlawan.

"Jangan kita sekedar ziarah tapi kita juga doakan, kita meneladani sifat-sifat almarhum dan jiwa semangat patriotiknya," katanya.

Ziarah yang dilakukan Jenderal bintang dua ini bersama pejabat TNI di wilayah Makassar diawali dengan penghormatan umum kepada arwah para Pahlawan Kusuma Bangsa, dilanjutkan peletakan karangan bunga di TMP oleh pimpinan ziarah, dalam hal ini Pangkoopsau II.

Usai rangkaian acara pokok ziarah selesai, dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga yang dilakukan secara simbolis oleh Pangdam didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV Hasanuddin bersama para pejabat TNI lainnya. Suasana foto bersama usai melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Makassar menjelang HUT ke-77 TNI, Selasa (4/10/2022).

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024