Majene, Sulbar (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, menyatakan akan melakukan verifikasi faktual terhadap 16 partai politik yang lolos verifikasi administrasi mulai Jumat, (2/11).

"Rencananya proses verifikasi akan dilakukan secara bersamaan mulai tanggal 2 hingga 24 November 2012. Penetapan ini kami harapkan bisa berjalan sesuai terget awal hingga akhir pelaksanaan tanpa kendala berarti," kata Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Verifikasi Parpol KPU Majene, Salman Mukhsin, di Majene, Rabu.

Ia menyebutkan verifikasi akan dilakukan oleh lima tim yang telah dibentuk KPU dan setiap tim akan melakukan verifikasi terhadap tiga hingga empat parpol.

Tahap verifikasi faktual ini, KPU melakukan pemeriksaan terhadap keberadaan anggota parpol secara administratif dan faktual di seluruh wilayah yang ditunjuk memiliki anggota, yakni di seluruh kecamatan yang telah ditetapkan masing-masing parpol.

"Selain melakukan verifikasi faktual terhadap anggota parpol yang terdaftar, kami juga akan melakukan verifikasi terhadap struktur intinya yakni ketua, sekretaris, dan bendahara. Seluruhnya harus lengkap sebab itu merupakan syarat dan ketentuan mutlak," ujar Salman.

KPU Majene mengharapkan, setiap parpol bisa menetapkan keterwakilan perempuan sebesar 30 persen dalam keanggotaan parpol seperti disyaratkan undang-undang.

Partai yang akan mengikuti verifikasi faktual adalah Partai Nasional Demokrat (NasDem), PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golkar.

Selanjutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Demokrat (PD), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), dan Partai Persatuan Nasional (PPN).

Salman mengaku, seluruh parpol yang akan mengikuti verifikasi faktual telah diinformasikan sehingga bisa mempersiapkan seluruh kebutuhan yang menjadi peryaratan verifikasi tersebut. (T.KR-AHN/S024)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024