Makassar (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar menyatakan Partai Nasdem di daerah setempat lolos persyaratan verifikasi faktual setelah dilakukan peninjauan di kantornya jalan Bawakaraeng.

"Partai Nasdem Makassar dinyatakan lolos persyaratan verifikasi faktual dengan kepengurusan lengkap hadir Ketua, Sekertaris dan Bendahara, termasuk lampiran KTA dan kouta perempuan 30 persen," kata anggota KPU Makassar Nurmal Idrus di Makasar, Jumat.

Berdasarkan jumlah keanggotaan partai Nasdem yang dimasukkan sebanyak 3.014 anggota, kata Nurmal, pihaknya tetap melakukan survei dan hanya mengambil sampel 10 persen atau 310 orang yang akan di survei kebenarannya.

"Dari aturan sebuah partai syaratnya mininal mempunyai anggota sebanyak 1.000 orang, kemudian disurvei langsung tanpa pemberitahuan dan hanya diambil 10 persen. Artinya kalaupun lebih dari 100 orang terdata, maka akan dinyatakan lolos," tuturnya.

Dia menyatakan, tim segera bergerak hingga 3 November 2012 dan batas akhir pengumuman 4 November survei. Tahapan survei tidak ada pemberitahuan sebelumnya dan bersifat langsung di lapangan.
"Kalaupun nanti disurvei tidak ditemukan anggota dalam kepengurusan maka pengurus inti diminta segera menghadirkan orang yang dimaksud dan terdaftar sebagai anggota dalam pengurusan,"tuturnya.

Mengenai pengumuman daftar parpol yang lolos verifikasi akan diumumkan pada pertengahan Desember 2012 melalui rapat pleno secara terbuka untuk umum.

Terkait dengan persyaratan Calon Legislatif (Caleg) untuk Kota Makassar satu dapil setiap parpol diberikan batas maksimal 11 orang caleg.
Sementara untuk kantor atau sekertariat baik sewa maupun hak milik, batas akhir hingga 2014 merujuk pada penetapan caleg menjadi legislatif yang duduk di DPRD.

Ketua DPD Nasdem Makassar Surahman Tiri mengatakan, pihaknya mendukung dan mendorong KPU untuk secara terbuka dan transparan menyampaikan hasil verifikasi peserta pemilu 2014.

"Kami menginginkan pemilu yang jujur dengan kompetensi yang sehat pula, karena itu hasil verifikasi dilakukan KPU sangat menentukan kualitas pemilu 2014 mendatang," katanya.

Mengenai dengan kesiapan survei KPU langsung ke pengurus dan anggota partai Nasdem sewaktu-waktu dilakukan tanpa pemberitahuan, dia menegaskan, kader Nasdem siap disurvei 24 jam bila itu diperlukan.

"Kita siap kapan saja dan dimana saja, karena Nasdem jauh sebelumnya telah siap diverifikasi," katanya.   
(T.KR-DF/M019) 




Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024