Makassar (ANTARA News) - Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa kembali membuka kesempatan kepada seluruh siswa Sulawesi Selatan yang mempunyai prestasi tetapi tidak mampu secara ekonomi untuk bisa bergabung di SMART Ekselensia Indonesia.

"SMART Ekselensia Indonesia adalah sekolah menengah berasrama, bebas biaya dan akseleratif (5 tahun SMP-SMA)," ujar Direktur Dompet Dhuafa Makassar Izra Prasetya di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, SMART EI yang berdiri sejak tahun 2004 di Parung, Bogor ini didedikasikan untuk anak-anak dhuafa berprestasi dari seluruh Indonesia.

Sekolah ini digagas untuk meningkatkan harkat dan martabat kaum dhuafa melalui program pendidikan dan pembinaan yang komprehensif dan berkesinambungan. "Diharapkan, setelah melalui proses pendidikan dan pembinaan di SMART EI, setiap siswa siap berkarya bagi diri, keluarga, bangsa, dan agamanya," katanya.

Izra mengaku, program pendidikan yang diterapkan di SMART EI ini mempunyai kurikulum yang berbeda dengan kurikulum umum serta jadwal belajar untuk tahun ajarannya pun juga berbeda.

Meskipun berbeda dengan jadwal kurikulum serta jam belajarnya, namun SMART EI ini mendapatkan perhatian khusus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena sudah diakui.

Bahkan, program pendidikan dhuafa ini hanya menyerap 40 orang siswa terbaik dari seluruh Indonesia dan setiap angkatan yang dihasilkan semuanya lulus di perguruan tinggi negeri terkenal di Indonesia.

"Semua lulusan SMART EI ini diterima pada perguruan tinggi terbaik di Indonesia karena memang sejak awal mereka masuk sekolah mendapatkan pendidikan khusus dan anak-anak yang terpilih juga merupakan anak yang cerdas diantara semua siswa dhuafa," katanya.

Izra mengaku, bagi semua siswa yang ingin mendapatkan pendidikan di SMART EI harus mendaftar di kantor perwakilan dompet dhuafa di Jalan Abdullah Daeng Sirua kemudian mengikuti seleksi penerimaannya hingga 13 Januari 2013. (T.KR-MH/S023)

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024