Mamuju (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Syafrudin Baderung meminta agar wawasan kebangsaan ditanamkan pada para siswa Madrasah setempat.

"Saya meminta kepada guru sekolah Madrasah untuk menanamkan wawasan kebangsaan kepada siswa," kata Kakanwil Kemenag Sulbar di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, materi wawasan kebangsaan selaras dengan program Kementerian Agama (Kemenag) RI tentang moderasi beragama.

"Tanamkan cinta tanah air kepada bangsa dan negara agar dapat berguna bagi bangsa dan negara dimasa mendatang," katanya.

Menurut dia, para guru Madrasah juga diharapkan dapat terus menambah ilmu pengetahuannya dengan terus melakukan inovasi dan kreativitas untuk menghasilkan generasi yang cerdas dimasa mendatang.

"Sangat memiriskan, karena situasinya siswa Madrasah pada sekolah negeri kalah bersaing dengan siswa Madrasah swasta, ini harus menjadi evaluasi bagi seluruh pihak di Madrasah," katanya.

Ia mengatakan, sekolah Madrasah Negeri di Sulbar diharapkan mampu melahirkan berbagai prestasi di tingkat nasional, bukan malah kalah bersaing dengan madrasah swasta.

Oleh karen itu Kakanwil Kemenag Sulbar meminta adanya evaluasi sistem pendidikan di madrasah negeri dengan meningkatan kualitas tenaga pengajar.

"Para guru diharapkan terus menambah ilmu pengetahuan serta melakukan inovasi dan kreativitas, jangan diam, sebagai guru madrasah harus berkembang terus," katanya.

Ia mengaku masih tetap optimis Madrasah negeri di Sulbar akan mampu menghasilkan berbagai prestasi dan dibutuhkan kolaborasi dan peran penting seluruh tenaga pendidik untuk mencapainya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024