Makassar (ANTARA) - Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong menerima penghargaan dari BKKBN pada Forum Nasional Stunting 2022 yang dihadiri Wakil Presiden, Maruf Amin di Hotel Shangri-la Jakarta, Selasa.

"Forum Nasional Stunting tahun 2022 memberikan penganugerahan atas inovasi yang dikembangkan oleh jajaran pentahelix sampai tingkat desa/kelurahan," kata Andi Kartini saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya dari Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, apresiasi dari BKKBN diterima sebagai narasumber dalam webinar series II atas komitmen kepala daerah dan interaksinya ke dalam Dokumen Rencana Daerah (Dokrenda) sebagai upaya percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan secara hybrid pada 10 Agustus 2022 lalu.

Menurut dia, BKKBN melakukan sejumlah langkah untuk terus menurunkan angka stunting hingga 14 persen pada 2024. Hal itu dilakukan agar Indonesia mampu mencetak SDM yang memiliki daya saing tinggi di tahun 2045 mendatang.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengingatkan bahwa hanya tersisa dua tahun untuk mencapai target prevalensi stunting 14 persen pada 2024 mendatang.

Dikatakan Wapres, Forum Nasional Stunting Tahun 2022 ini menjadi momen penting untuk melakukan evaluasi, introspeksi, dan refleksi.

Hal senada diungkapkan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo.

Menurut dia, BKKBN melakukan sejumlah langkah untuk terus menurunkan angka stunting hingga 14 persen pada 2024. Hal itu dilakukan agar Indonesia mampu mencetak SDM yang memiliki daya saing tinggi pada 2045 mendatang.

Secara grafik angka stunting di Indonesia terus mengalami penurunan. Penurunan terjadi sekitar 2 persen dari 27,7 persen pada 2019 menjadi 24,4 persen pada 200- 2021.

Adanya Perpres nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mempercepat pencapaian target penurunan stunting menjadi 14 persen pada 2024.
  Wabup Sinjai Hj Andi Kartini Ottong saat menerima penghargaan dari BKKBN Pusat pada Forum Nasional Stunting 2022 yang dihadiri Wakil Presiden, Maruf Amin di Hotel Shangri-la Jakarta, Selasa (6/12/2022). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024