Makassar (ANTARA) - Pengelola sejumlah sekolah di Sulawesi Selatan (Sulsel) berupaya menanamkan jika kewirausahaan kepada para siswa-siswi sejak sedini melalui program Market Day bernuansa jual beli ala kantin dan warung siswa.

Seperti yang dilakukan di Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan yang melaksanakan Market Day, Selasa.

Kepala TK Negeri Pembina Kecamatan Sinjai Utara Tiwi Yusuf mengatakan tujuan dilaksanakan Market Day itu adalah untuk mengetahui literasi para murid serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada anak-anak sejak sedini mungkin.

“Alhamdulillah anak-anak sangat senang dan semangat mengikuti kegiatan ini, apalagi ketika ada pembeli datang ke mereka,” katanya.

Program Market Day itu menyediakan berbagai menu seperti pisang coklat, kue, puding, gorengan dan sebagainya. Beberapa murid jadi penjual, sementara murid yang lain dan, guru orang tua murid jadi pembeli.

Sementara itu, Koordinator Pendidikan Wilayah Kecamatan Sinjai Utara M Lutfi Yassin yang membuka kegiatan ini menyambut baik dan memberi apresiasi yang tinggi dengan adanya kegiatan ini.

Menurut dia, bila sejak dini para siswa diajarkan tentang kewirausahaan, maka diharapkan ke depannya akan lahir para pengusaha yang tangguh sehingga dapat membawa kemaslahatan bagi kehidupannya.

“Saya melihat kegiatan ini anak kita diajak sedini mungkin untuk berwirausaha, bagaimana bisa berbicara mempromosikan jualannya serta mampu mengetahui nilai mata uang rupiah,” ucapnya.

Ia berharap ke depan kegiatan ini bisa lebih dikembangkan dengan tidak hanya menghadirkan orang tua murid akan tetapi juga menghadirkan Ketua dan Pengurus Komite Sekolah serta masyarakat sekitar sekolah.

Hal sama juga dilakukan TK dan SDIT AL Huda Tamalanrea BTP Makassar yang melaksanakan Bazaar Jumat Berkah yang digelar secara rutin pada setiap pekan.

Para siswa mulai SD dan TK secara bergiliran diberi kepercayaan membawa panganan dari rumah masing-masing kemudian menjajakannya kepada siswa dan guru di sekolah dengan harga yang miring atau murah.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024