Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat  melakukan pendataan rumah warga yang terdampak gempa dan akan menerima bantuan stimulan tahap kedua.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju, melakukan pendataan atau assesment warga yang akan menerima bantuan stimulan perbaikan rumah korban gempa pada 15 Januari 2021 lalu, untuk tahap kedua," kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Mamuju, Taslim Sukirno, di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, pendataan warga yang rumahnya rusak akibat gempa dilakukan BPBD Mamuju ini untuk memastikan bahwa warga yang rumahnya rusak akibat gempa mendapatkan bantuan bantuan stimulan perbaikan rumah korban gempa untuk tahap kedua.

"Sebanyak 125 tim assesment telah diturunkan pemerintah Mamuju untuk mendata dengan mendatangi rumah warga yang rumahnya dirusak gempa," katanya.

Ia mengatakan, BPBD Mamuju telah melakukan pengumuman di kantor desa dan kelurahan di Mamuju mengenai nama warga yang menerima bantuan gempa tahap kedua, dan warga diminta menyambut tim assesment dengan melaporkan kondisi rumahnya yang rusak.

"Pemerintah sangat berharap masyarakat Mamuju yang terdampak gempa bumi dapat menerima dana stimulan bantuan gempa untuk perbaikan rumahnya," katanya.

Ia menyampaikan untuk bantuan rumah korban gempa di Mamuju akan diberikan kepada etiap warga yang rumahnya rusak berat, dengan bantuan dana stimulan sebesar Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta, pada bantuan gempa Mamuju tahap kedua ini.

Menurut dia, sekitar 19,000 rumah warga sebelumhya telah didata pemerintah di Mamuju untuk diberikan bantuan dana stimulan gempa tahap kedua, yang mengalami rusak ringan, rusak sedang, serta rusak berat.

Ia menambahkan, pemerintah di Mamuju sebelumnya telah melakukan penyaluran bantuan gempa kepada warga Mamuju pada tahap pertama.

Dia menyampaikan, besarnya stimulan dana gempa untuk perbaikan rumah rusak akibat gempa di Mamuju pada tahap pertama sebesar Rp209 miliar.

Anggaran itu telah dialokasikan untuk perbaikan rumah rusak sebanyak 1.501 rumah rusak berat, 3.487 rusak sedang, dan 4.731 rusak ringan di Kabupaten Mamuju.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024