Makassar (ANTARA) - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Kota Makassar, Sulawesi Selatan menghadirkan Taman Firdaus sebagai fasilitas bagi mahasiswa dan dosen sekaligus memperluas ruang terbuka hijau (RTH) di kampus dan daerah setempat pada umumnya.

Rektor UMI Kota Makassar Basri Modding di Makassar, Senin, mengatakan Taman Firdaus yang luasnya kurang lebih 3.000 meter persegi itu tidak hanya fokus dengan tanaman berbagai jenis namun juga dilengkapi fasilitas jalur joging, tempat pertunjukan, danau mini, serta air mancur yang diberi nama Air Mancur Bershalawat.

"Kita harapkan Taman Firdaus ini memberikan manfaat positif khususnya bagi warga UMI. Untuk masyarakat umum yang juga ingin ikut menikmati termasuk berswafoto, kita akan atur ke depan (agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan dalam wilayah kampus, red.)," ujarnya

Ia menjelaskan UMI belakangan ini tidak hanya fokus dalam peningkatan mutu pembelajaran dan sumber daya manusia (SDM) namun juga berupaya unggul dalam sarana dan prasarana.

"Taman Firdaus ini sebagai spirit bagi warga UMI untuk terus bekerja demi mewujudkan target sebagai universitas kelas dunia," kata dia.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengoptimalkan penerapan konsep Sekolah Adiwiyata sebagai upaya pemenuhan kebutuhan RTH, khususnya di daerah perkotaan seperti Makassar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DPLH) Sulawesi Selatan Hasbi Nur mengatakan Sekolah Adiwiyata diwajibkan membuat taman dan menyediakan RTH di lingkungan sekolah masing-masing.

"Sudah banyak sekolah yang sudah bergabung (konsep Sekolah Adiwiyata, red.), termasuk di Makassar yang memang pembangunannya lebih padat," ujarnya.
 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024