Jakarta (ANTARA) - Petenis Rusia Daniil Medvedev dan wakil Yunani Stefanos Tsitsipas sukses menaklukkan lawan-lawannya, untuk menyusul juara bertahan Australian Open Rafael Nadal melaju ke putaran kedua, Senin.

Medvedev yang berstatus runner up sebanyak dua kali menang tiga set langsung atas Marcos Giron asal AS, dengan skor 6-0, 6-1, 6-2. Sementara itu, Tsitsipas mengungguli petenis Prancis Quentin Halys dengan skor 6-3, 6-4, 7-6 (8-6).

"Terdapat kenangan-kenangan indah pada tahun lalu, namun saya ingin yang lebih baik lagi pada tahun ini," kata Medvedev seperti dilansir laman resmi Australian Open.

Medvedev hanya kalah sebanyak tiga gim saat melawan Giron. Itu merupakan kekalahan gim paling sedikit yang pernah dicatatkannya sepanjang mengikuti ajang Grand Slam.

Pada pertandingan putaran kedua, Medvedev yang menduduki posisi kesembilan dalam daftar peringkat dunia akan berhadapan dengan petenis Australia John Millman.

Saat Medvedev melewati putaran pertama dengan relatif ringan, Tsitsipas harus berjuang lebih keras untuk mengatasi perlawanan Halys.

"Permainannya begitu menantang, ia tampil baik pada set ketiga, saya sedikit kehilangan irama ketika melakukan serve. Maka saya harus menemukan cara untuk keluar dari situasi sulit. Menurut saya, semangat juang saya terlihat menjelang akhir, saya tidak akan menyerah," tegas Tsitsipas, yang akan ditantang petenis Australia Rinky Hijikata pada putaran selanjutnya.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Nadal telah terlebih dahulu memastikan langkah ke putaran kedua berkat kemenangan 7-5, 2-6, 6-4, 6-1 atas Jack Draper.

Selain mundurnya petenis tuan rumah Nick Kyrgios karena cedera, kejutan lain datang dari keberhasilan petenis belia asal China Shang Juncheng mengukir kemenangan 6-2, 6-4, 6-7 (2-7), 7-5 atas petenis Jerman Oscar Otte.

Hal itu membuat Shang Juncheng menjadi petenis tunggal putra China pertama yang mampu mencatatkan kemenangan pada babak utama Australian Open. Shang berikutnya akan berhadapan dengan petenis AS unggulan ke-16 Frances Tiafoe.

Pada kategori tunggal putri, petenis putri peringkat satu dunia Iga Swiatek menang dua set langsung 6-4, 7-5 atas Jule Niemeier asal Jerman. Pada putaran kedua, Swiatek akan menghadapi petenis Kolombia Camila Osorio.

Di tempat lain unggulan ketiga Jessica Pegula menang meyakinkan 6-0, 6-1 atas Jaqueline Cristian. Sedangkan unggulan keenam Maria Sakkari tidak mengalami kesulitan saat bertemu petenis China Yue Yuan, dan mengunci kemenangan 6-1, 6-4. Pada putaran kedua Pegula akan bertemu Aliaksandra Sasnovich, sedangkan petenis kualifikasi Diana Shnaider akan menantang Sakkari.

Petenis unggulan ketujuh Coco Gauff sukses mengatasi perlawanan Katerina Siniakova dan menang 6-1, 6-4. Kemenangan itu membuat Gauff akan bertemu petenis belia sarat prestasi lainnya, Emma Raducanu, yang menang 6-3, 6-2 atas Tamara Korpatsch.

Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024