Makassar (ANTARA) - Bupati Jeneponto Iksan Iskandar berharap anggota Petugas Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 menjunjung tinggi asas pemilu karena merupakan nilai utama menjalankan amanah demokrasi kedepan.

"Pegang teguh sumpah janji dan fakta Integritas yang ibu bapak ucapkan, junjung tinggi azas pemilu karena itu merupakan core value (nilai utama) dalam menjalankan amanah demokrasi kedepan," kata Iksan Iskandar saat menghadiri pelantikan 339 anggota PPS Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Selasa (24/1).

Asas pemilu meliputi jujur, adil, langsung, umum, bebas, rahasia. Keberadaan asas ini untuk memastikan proses penyelenggaraan pemilu berlangsung demokratis dan transparan.

Bupati Jeneponto dua periode itu mengatakan PPS merupakan orang-orang yang memiliki kompetensi dan integritas yang tidak diragukan lagi.

Menurutnya, PPS sebagai penyelenggara teknis ditingkatkan desa/kelurahan saat ini mendapat mandat atau amanah yang berat karena pemilu 2024 nantinya juga akan beririsan dengan pemilihan kepala daerah (pilkada). Bupati Jeneponto Iksan Iskandar (tiga kanan) saat menghadiri pelantikan 339 anggota PPS Pemilu 2024 oleh KPU Kabupaten Jeneponto, di Jeneponto, Sulawesi Selatan, Selasa (24/1/2023).ANTARA/HO-Humas Diskominfo Jeneponto

"KPU memiliki sekitar 383 hari untuk menyiapkan segalanya, sebagai PPS bapak ibu sekalian merupakan garda terdepan yang akan menentukan sukses atau tidaknya pelaksanaan pemilu nantinya," jelasnya.

Bupati Iksan Iskandar juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Ketua KPU Kabupaten Jeneponto beserta jajarannya.

Sebelumnya KPU Kabupaten Jeneponto telah melakukan penjaringan anggota PPS pada 113 desa dan kelurahan kabupaten setempat.

Ketua KPU Jeneponto Muhammad Alwi menjelaskan bahwa sebelumnya tercatat 1.800 orang yang mendaftar, 339 orang diantaranya dinyatakan lulus seleksi dan selanjutnya ditetapkan sebagai PPS.

"Alhamdulillah setelah melalui proses seleksi bapak ibu sekalian hari ini telah sah menjadi pejuang demokrasi," ujarnya.

Acara ini juga Wakil Bupati Jeneponto H Paris Yasir, Sekda Jeneponto Muh Arifin Nur, Kapolres Jeneponto AKBP Andi Erma Suryono, Dandim 1425 Jeneponto Letkol Agus Tanra, Kepala Kejaksaan Negeri Jeneponto dan puluhan kepala Organisasi Perangkat Daerah.(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024