Makassar (Antara News) - Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia akan menyiapkan sekitar 35 petinju terbaik untuk menghadapi kejuaraan internasional Piala Presiden XXII di Makassar, 27 Agustus - 4 September 2013.

Ketua Pelatnas PP Pertina John Amanupunyo saat dihubungi dari Makassar, Kamis, mengatakan seluruh petinju akan tergabung dalam tiga tim yakni Garuda, Rajawali, dan Elang atau tim Hasanuddin.

Dari 35 atlet yang direncanakan, 20 petinju (11 putra dan sembilan putri) di antaranya merupakan atlet yang kini mengikuti pelatnas SEA Games 2013.

Selama penyelenggaraan Piala Presiden sejak 1978, tuan rumah Indonesia selalu menurunkan lebih dari satu tim dengan sebutan Indonesia Garuda (untuk tim kelas satu) dan Indonesia Elang serta Hasanuddin (Rajawali) merupakan tim lapis kedua.

"Seluruh atlet pelatnas yang ada sebanyak 20 orang terus mematangkan persiapannya. Untuk kuota yang tersisa akan kita pilih dari berbagai kejuaraan termasuk kejurnas Piala Wapres di Sumbar, April 2013," jelasnya.

Mantan Direktur Teknik Pertina Sulsel itu menjelaskan, belum berencana menurunkan atlet youth yang kini berlaga dikejuaraan Youth di Filipina 2013. Selain masih cukup muda juga karena lawan yang akan dihadapi di Piala Presiden juga merupakan petinju berpengalaman.

Kejuaraan tinju Piala Presiden 2013 rencanananya akan diikuti 30 hingga 35 negara yang berasal dari Eropa, Amerika, dan Asia di antaranya Rusia, Kazastan, Kuba, Mongolia, Uzbekistan, China, Jepang, Irak, Iran, serta Thailand.

"Saya kira peluang kita masih cukup terbuka meski harus menghadapi lawan yang memiliki kualitas dan lebih berpengalaman. Kami juga berencana menggelar pemusatan latihan di Kuba untuk meningkatkan kemampuan dan teknik bertarung seluruh petinju," katanya.

Sekretaris Umum KONI Sulsel Nukhrawi Nawir berharap dua atlet pelatnas Sulsel yakni Alex Tatontos dan Erico Amanupunyo merupakan petinju yang memiliki potensi. Pihaknya juga berharap dengan pelaksanaan Piala Presidenan di Makassar membuat motivasi keduanya semakin berlipat ganda.

Pihaknya juga berharap dukungan seluruh masyarakat Sulsel agar tim Indonesia mampu bermain lebih baik sekaligus mempersembahkan prestasi bagi negara.

Pada Piala Presdien XXI/2011 di Stadion Tenis Senayan, Jakarta Pusat, 2-8 Juli 2011, tim Indonesia gagal meraih medali emas. Bahkan tidak satupun petinju Indonesia yang bisa menembus babak final.

Editor : N Yuliastuti

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024