Makassar (ANTARA) - Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Forkopimda melakukan Inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Sentral Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Kamis (26/1).

Bupati MYL dan rombongan melakukan pemantauan ketersediaan dan harga sejumlah kebutuhan pokok dan komoditi lainnya.

Usai melakukan pemantauan dan berdialog langsung dengan pedagang, Bupati MYL mengatakan ada sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan harga diantaranya bawang merah, bawang putih, ayam potong, minyak goreng dan beras.

"Ayam potong naik Rp1000 - Rp2000 perkilo, beras naik sekitar Rp1.000 perliter. para penjual juga menyampaikan, kemungkinan besar ada peningkatan harga jelang bulan puasa," katanya.

Kepala Bagian Ekonomi Pemkab Pangkep Asykur Abu bakar mengatakan kenaikan harga memang mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan.

Diakui, persediaan sejumlah komoditi masih mencukupi  kecuali minyak goreng.

"Ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga seperti bawang, ayam potong dan beras sementara sejumlah komoditi harga masih stabil, sedangkan stok aman kecuali minyak goreng," katanya.

Kenaikan harga dipengaruhi perayaan hari besar, termasuk Tahun Baru Masehi dan Imlek.

"Kebutuhan masyarakat saat tahun baru dan Imlek itu sangat tinggi sehingga ada sedikit kenaikan harga namun tidak terlalu tinggi," katanya.(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024