Makassaar (Antara News) - PT Pos Indonesia (Persero) akan memberikan harga khusus yang paling bagus kepada pelaku bisnis online yang menggunakan jasa pengiriman melalui perusahaan tersebut.

Vice President Pengembangan Bisnis Surat PT Pos Indonesia (Persero) Ebenezer Purna mengemukakan hal itu pada talkshow interaktif "Sukses Bisnis Online (Cara Cerdas Memilih Jasa Pengiriman)" yang diselenggarakan PT Pos Indonesia Persero dan Majalah Inspirasi Usaha di Makassar, Kamis.

Ebenezer mengatakan bentuk harga khusus yang diberikan melalui pemanfaatan interkoneksi website www.plazapos.com.

"Selama ini pengirim kalau mengirim barang selalu datang ke Kantor Pos. Dengan interkoneksi tersebut pengirim tidak perlu datang ke Kantor Pos," katanya.

Pelaku bisnis online atau pedagang yang jumlah kirimannya banyak, ujar dia, bisa menjadi konsolidator atau pedagang koordinator.

"Pedagang yang jumlah kirimannya tidak banyak bisa melalui konsolidator yang telah ditunjuk atau agen. Agen ini dipinjami komputer yang langsung terkoneksi ke sistemnya," katanya.

Ebenezer mengatakan kalau pedagang datang ke kantor pos diberi harga "publish rate", sedangkan kalau menggunakan model interkoneksi bisa dengan harga khusus.

Sementara menurut Kepala Area X Penjualan PT Pos Indonesia (Persero), Suryadi SE MM, saat ini pihaknya sudah memberi harga khusus dengan potongan 30 persen atau lebih kepada pelaku bisnis online.

"Yang penting kita mesti buka-bukaan. Kalau kirimnya 2.000 item kami akan jemput, begitu pula kalau barang sudah sampai ada laporannya," katanya.

Talkshow interaktif juga menampilkan koordinator Kaskus Makassar, Ciwang Irwansyah, yang juga founder makassarfoto.com.

Pada kesempatan tersebut Ciwang mengatakan bisnis secara online sudah banyak peminatnya di Makassar karena tidak memerlukan banyak biaya, tetapi bisnis tersebut belum ditekuni secara serius apalagi jaringan telekomunikasi di Kawasan Timur Indonesia (KTI) belum bagus.

"Tiga hal yang perlu diperhatikan dalam menekuni bisnis online yakni kepercayaan, harga dan jasa kurir yang digunakan. Mesti pintar-pintar memilih delivery, kalau saya 80 persen menggunakan PT Pos Indonesia karena jangkauannya hingga ke kota-kota kecil seperti Kebumen dan Purbalingga," katanya.

Editor : Farochah


Pewarta : Agus Setiawan
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024