Gowa (ANTARA) - Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sulawesi Selatan yang menggelar turnamen Golf South Sulawesi Amateur Open (SSAO) Series II selama tiga hari diikuti peserta dari negara tetangga Malaysia dan Singapura.

Sekretaris PGI Sulsel Suhardi di Gowa, Kamis, mengatakan turnamen golf skala internasional ini kembali digelar setelah pandemi COVID-19 berakhir.

"SSAO Series II adalah turnamen berkelanjutan dan ini adalah lanjutan dari seri pertamanya sebelum COVID-19," ujarnya.

Suhardi mengatakan SSAO Series II adalah ajang untuk mengasah kemampuan dan mental dari atlet golf yang berstatus amatir. Turnamen golf itu digelar mulai 2-4 Februari 2023 dan diikuti dari berbagai negara dengan total peserta 65 orang golfer.

Menurutnya, tingkatan turnamen disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian dari para atlet itu sendiri, di mana turnamen level terendah adalah pemula atau beginner hingga ke tingkatan profesional.

Namun, semua tingkatan turnamen tersebut punya andil terhadap poin atau pemeringkatan setiap atlet. Para atlet muda yang masih berstatus amatir dipastikan akan berpeluang mendapatkan poin dalam daftar peringkat World Amateur Golf Rangking (WAGR).

"Kalau poin dari WAGR itu ada sesuai dengan kelas yang diikutinya. Setiap atlet ketika mengikuti turnamen resmi seperti SSAO Series II ini, berpeluang menaikkan peringkatnya," katanya.

Selain itu, Suhardi yang juga Ketua Apindo Sulsel itu menyatakan jika setiap bermain golf pihaknya juga sudah memiliki agenda memperkenalkan wisata dan kuliner khas Sulawesi Selatan.

"Tentunya kita akan mengajak para golfer untuk mencicipi keindahan Sulawesi Selatan khususnya Makassar. Pantai Losari, kuliner coto dan konro Makassar," ucapnya.

Adapun mekanisme kegiatan ini diawali dengan penjaringan dan dipilih 30 pemain di hari terakhir. Total hadiah utama yang diperebutkan yakni Rp10 juta.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024