Makassar, Sulsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Luwu akan menggunakan dana bantuan keuangan dari Provinsi Sulawesi Selatan sebesar Rp25,5 miliar untuk pengerjaan jalan sepanjang 7,09 kilometer.

Bupati Luwu Basmin Mattayang melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Sulsel, Kamis, mengatakan bantuan keuangan atau bankeu itu akan digunakan untuk memperbaiki jalan yang telah menjadi prioritas.

"Bantuan keuangannya akan digunakan untuk perbaikan jalan dan berdasarkan data dari Dinas PUPR Kabupaten Luwu itu ada sekitar 7,09 kilometer jalan yang akan dikerjakan," ujarnya.

Basmin juga mengatakan jenis pekerjaan jalan itu di antaranya berupa pengaspalan dengan bahu jalan beton, penguatan tebing, dan bronjong box culver.

Dia menerangkan perbaikan jalan yang akan dikerjakan itu adalah menuntaskan ruas Jalan Bonglo-Pantilang, sehingga memperlancar arus mobilitas masyarakat dan barang dari Luwu menuju ke Kabupaten Toraja Utara (Torut).

"Insya Allah, penanganan tahun ini melalui bantuan keuangan provinsi, kami akan menuntaskan ruas Jalan Bonglo-Pantilang untuk memperlancar arus mobilitas masyarakat dari Luwu ke Toraja Utara," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan bahwa bantuan keuangan yang digelontorkan untuk Kabupaten Luwu tahun ini nilainya meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Dia menyebut bantuan keuangan pada 2022 sebesar Rp17 miliar dan meningkat menjadi Rp25,5 miliar pada 2023, yang nantinya akan digunakan untuk berbagai program prioritas.

"Kita harap bantuan keuangan tahun ini kembali segera dirampungkan oleh Pemkab Luwu, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat," ucap Gubernur Sulsel.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024