Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bermagnitudo 6,0 mengguncang wilayah Melonguane, Sulawesi Utara, pada Sabtu pukul 15.55 WIB.

Berdasarkan situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dipantau di Jakarta, pusat gempa berada di laut 37 km tenggara Melonguane.

Koordinat gempa berada di 3,67 Lintang Utara (LU) dan 126,76 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 11 kilometer.

Dari laporan BMKG, sejumlah daerah merasakan getaran gempa seperti Melonguane dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) IV, Tahuna III-IV MMI, Siau III-IV MMI, dan Manado II MMI.

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa, apalagi jika tidak ada peralatan seismometer di lokasi kejadian.

Pada skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda yang digantung ringan bergoyang. Sedangkan skala III, getarannya terasa nyata di dalam rumah dan terasa seperti ada truk yang lewat.

Skala IV, gempa dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, di luar rumah dan ditandai antara lain dengan jendela atau pintu berderak dan dinding berderak.

Pada skala V, getaran yang dirasakan oleh hampir semua orang ditandai dengan benda yang terlempar, tiang dan benda besar yang bergoyang.*



Berita ini juga pernah tayang di Antaranews . com dengan judul: Gempa Magnitudo 6.0 Guncang Melonguane , Sulawesi Utara

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024