Makassar (ANTARA Sulsel) - Konsulat Jenderal Amerika Serikat (AS) JoaQuin Monserrate membahas masalah pendidikan dengan Wali Kota Makassar H Ilham Arief Sirajuddin.

"Kota Makassar merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang sudah menjalin kerjasama di bidang pendidikan sejak lama," kata Monserrate di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, selain program beasiswa yang ditawarkan pemerintah Amerika kepada warga Makassar dan sekitarnya untuk melanjutkan pendidikan di negeri Paman Sam, juga kerjasama dalam peningkatan "capasitas building" melalui lembaga donor Amerika yakni USAID.

Menurut dia, upaya itu diantaranya peningkatan kapasitas SDM tenaga pengajar di tingkat pendidikan dasar dan menengah.

"Program Development Basic Education (DBE) itu diharapkan dapat membantu pemerintah setempat dalam meningkatkan kualitas pendidikan," katanya.

Sementara itu, walikota Makassar mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya program kerjasama dengan lembaga donor pemerintah Amerika Serikat.

"Apalagi dalam kurun lima tahun terakhir kami telah menerapkan program subsidi penuh di tingkat pendidikan dasar dan menengah," katanya.

Dia mengatakan, selain terus berupaya meningkatkan kualitas SDM siswa dan guru, juga diperlukan sistem manajemen pendidikan yang baik.

"Karena itu pihak USAID memberikan pendampingan dan pembinaan dalam menjalan sistem dan manajemen pendidikan Kota Makassar," katanya.

Editor : Biqwanto


Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024