Makassar (ANTARA) - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso memberikan bantuan sembako pada 326 orang pengungsi yang merupakan korban banjir di Romang Tangngayya, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar sebagai bentuk kepedulian aparat.

"Kami bersama sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam XIV/Hasanuddin telah mengunjungi rumah warga yang menjadi korban musibah banjir di Kota Makassar," kata Totok di Makassar, Selasa.

Sebanyak 88 Kepala Keluarga atau 326 jiwa warga Romang Tangngaya mendapatkan kunjungan langsung dari Pangdam dan rombongan yang menggunakan perahu karet, karena air masih menggenangi lokasi pengungsian dan rumah warga.

Sebagai bentuk kepedulian pada korban banjir, Totok mengatakan, pihaknya memberikan bantuan Sembako berupa mie instan, beras, air mineral dan bantuan makanan siap saji.

"Kami juga menyiapkan tim kesehatan dari Kesdam XIV/Hasanuddin untuk mengecek kondisi kesehatan warga yang terdampak banjir," katanya.

Dalam kunjungannya, Jenderal bintang dua tersebut menyempatkan berdialog dan bersenda gurau secara langsung guna mengusir kesedihan dan meningkatkan suasana hati para korban banjir.

Termasuk meluangkan waktu untuk makan bersama menikmati masakan di salah satu rumah warga.

Dari hasil bincang-bincang dengan warga terdampak banjir, Totok mengatakan, sejumlah warga yang awalnya berprofesi sebagai petani, terpaksa beralih menjadi nelayan akibat gagal panen.

Hal itu dibenarkan Camat Manggala A Anshar yang menyampaikan kondisi warganya. Dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pangdam dan rombongan yang telah hadir memberikan bantuan kepada warganya.

Sementara itu, salah satu warga Romang Tangngayya, Ruslan (42) mengungkapkan, selama dua minggu ini dirinya bersama keluarga serta masyarakat di Romang Tangngayya kesulitan akses jalan akibat banjir.

Dia mengatakan, sudah dua minggu ini kesulitan untuk keluar rumah, sehingga untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari terpaksa memasang jaring untuk mendapatkan ikan.

"Kami sangat terbantu dengan adanya kunjungan Pangdam dan rombongan yang berkunjung dan memberikan bantuan langsung pada warga yang hampir dua minggu terkurung di rumah," katanya. Suasana Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Totok Imam Santoso saat mengunjungi warga korban banjir dan memberikan bantuan sembako pada 326 orang pengungsi yang diantaranya adalah anak-anak yang menjadi korban banjir di Romang Tangngayya, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Antara/ HO- Kodam XIV/Hsn

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024