Makassar (ANTARA Sulsel) - Tiga atlet pelatnas cabang Kempo andalan Sulawesi Selatan tidak dapat memperkuat Sulsel pada kejuaraan nasional kempo Piala Rektor Unhas se-Kawasan Timur Indonesia (KTI) di Gedung PKM Unhas, 30-31 Mei 2013.

Sekretaris Umum Perkemi Sulsel Bonay Syam, di Makassar, Jumat, mengatakan, ketiga kenshi Sulsel serta atlet lainnya masih fokus mengikuti agenda pemusatan latihan sebagai persiapan SEA Games 2013. Dian dan Ronald akan menjalani pelatnas pada 22 Mei. Sedangkan Ade Irma pada 8 Juni 2013.

"Kita sebenarnya sangat mengharapkan kehadiran mereka di Piala Rektor Unhas 2013 demi menjaga peluang. Namun kita juga tidak bisa memaksakan mengingat agenda pelatnas sangat menentukan langkah ketiganya memperkuat Indonesia," jelasnya.

Sebagai antisipasi, Pengurus Provinsi Persaudaraan Bela diri Kempo Seluruh Indonesia (Perkemi) Sulsel menyiapkan para atlet terbaiknya. Atlet yang akan tampil pada kejurnas ini akan mewakili Dojo atau perguruan masing-masing.

Seluruh atlet yang berasal dari berbagai dojo seperti Unhas, SMU I Makassar, hingga Universitas Muslim Indonesia (UMI) tersebut juga diminta lebih mematangkan persiapan mengingat lawan yang akan dihadapi nanti memiliki kualitas menjanjikan.

"Kita tetap optimistis karena kualitas para kenshi Sulsel yang juga cukup baik. Kita juga tetap mewaspadai beberapa tim khususnya wakil Yogyakarta yang kabarnya siap berpartisipasi pada pelaksanaan kali ini," katanya.

Terkait peluang ketiga atlet menembus tim inti SEA Games 2013, pihaknya mengaku cukup optimistis. Keberhasilan ketiganya sebagai peraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau 2012, juga menjadi modal berharga untuk bersaing di pelatnas.

Untuk kepastian status ketiga atlet di SEA Games 2013, kata dia, baru akan ditentukan pada Juli 2013. Atlet yang dinyatakan lolos seleknas selanjutnya akan menjalani try out ke Jepang demi memaksimalkan kemampuan.

Sekretaris Umum KONI Sulsel Demisioner Nukhrawi Nawir, menyatakan keberhasilan tiga atlet tersebut di PON 2012 membuktikan kualitas yang dimiliki. Potensi itupun diharapkan dapat dipertahankan sehingga bisa terpilih mewakili Indonesia pada ajang terbesar Asia Tenggara tersebut.

"Masuknya para atlet di pelatnas kita harapkan memberikan dampak positif bagi para atlet lainnya dalam meningkatkan kemampuannya," ujarnya.

Editor : A Budiman

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024