Makassar (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar Sulawesi Selatan dan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengang Jeneberang bekerja sama untuk mengeruk endapan sungai dan kanal guna mencegah banjir.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Nurhidayat di Makassar, Jumat, pengerukan endapan akan dilakukan di Sungai Sabbeng dan Sungai Kajenjeng di Kecamatan Manggala, Sungai Biring Je'ne di Kecamatan Biringkanaya, dan Kanal Jongaya di Kecamatan Mariso.

Nurhidayat mengatakan bahwa upaya normalisasi sungai dan kanal akan dilakukan secepatnya berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan setempat.

Dinas Pekerjaan Umum, Balai Besar Wilayah Sungai, serta pemerintah kecamatan dan kelurahan akan membahas penurunan alat berat serta pelaksanaan pengerukan sungai dan kanal.

Pengerukan endapan dan pembersihan sungai ditujukan untuk memastikan air sungai mengalir lancar ke laut sehingga tidak sampai meluap dan membanjiri daerah sekitarnya saat hujan deras turun.

Nurhidayat menjelaskan pula bahwa Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengang Jeneberang dalam melakukan pemeliharaan sumber air, sungai, dan kanal.
 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024