Makassar (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memberikan sinyal dukungan kepada Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam untuk maju pada kontestasi Pemilihan Gubernur Sulawesi Barat pada 27 November 2024.

"Bagi PDI-Perjuangan, pak rektor punya prestasi yang baik. Kalau beliau menjadi calon atau tidak,  nanti kan tahapannya masih lama, setelah Pemilu Pilpres, Legislatif," ujar Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto kepada wartawan usai membawakan kuliah umum di Ballroom Teather Pinisi UNM Makassar, Sulawesi Selatan, Senin

Menurut dia, bila Prof Husain Syam terpilih menjadi rektor, artinya punya kepemimpinan intelektual, serta punya kemampuan manajerial yang handal termasuk prestasi di dalam mengonsolidasikan seluruh potensi yang ada di dalam kampus. 

Selain itu, kiprahnya dalam mengelola kampus dengan terus mendorong penguasaan ilmu pengetahuan teknologi serta inovasi, maka PDI-Perjuangan tentu memilih orang yang layak dan tepat untuk diusung. 

"Yah, kalau beliau mau mendaftar ke PDI-P, kami terbuka," ucap Hasto menegaskan. 

Menanggapi sinyal dari PDI-Perjuangan tersebut, Rektor UNM Prof Husain Syam menyatakan siap dan akan mempersiapkan segala sesuatunya apabila mendapat restu dari partai besutan Presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri. 

"Saya siap bila mendapat restu dari PDI-Perjuangan," singkat mantan Dekan Fakultas Teknik UNM ini dengan nada optimistis. 

Sebelumnya, Prof Husain Syam dikabarkan akan maju bertarung pada Pilgub Sulbar tahun 2024 setelah masa jabatannya berakhir dalam waktu dekat ini. Ia bahkan telah mensosialisasikan diri ke sejumlah wilayah Sulbar. 

Bahkan sejauh ini, ia telah berkomunikasi dengan sejumlah partai politik agar bisa mengusungnya, termasuk menyiapkan infrastruktur pendukung yang dapat menunjangnya dalam kontestasi Pilgub di wilayah Sulbar. 

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024