Makassar (ANTARA Sulsel) - Dua atlet sepak takraw putri asal Sulawesi selatan dipanggil masuk pemusatan latihan nasional (Pelatnas) persiapan menghadapi SEA Games Myanmar 2013.

Pelatih Sepak Takraw Sulsel Ramli di Makassar, Kamis, mengatakan bahwa kedua atlet yang diproyeksikan memperkuat Timnas Indonesia tersebut yakni Hasmawati serta Kusmelia. Kedua pesepaktakraw andalan Sulsel itu sudah bertolak ke Jakarta, Kamis (25/4).

"Pemanggilan kedua atlet sekaligus menjaga tradisi Sulsel sebagai penyumbang atlet bagi Timnas Indonesia. Mudah-mudahan kedua atlet tidak mengalami masalah atau cedera selama pelatnas yang membuat posisinya bisa digantikan atlet yang lain," jelasnya.

Terkait masuknya nama Hasmawati dalam skuat timnas, kata dia, bukan hal yang baru. Sebab Hasmawati sebelumnya juga telah memperkuat Indonesia di berbagai kejuaraan internasional termasuk Asian Beach Games di China, Mei 2012.

Selain memiliki pengalaman, kualitas Hasmawati juga dinilai terus mengalami peningkatan. Kondisi itupun yang membuat Sulsel tetap mengandalkannya pada sejumlah kejUaraan termasuk PON 2012.

"Sementara Kusmelia, meski masih berusia muda dan baru pertama kali dipanggil pelatnas namun memiliki kemampuan yang menjanjikan. Kusmelia juga sudah memperkuat Sulsel pada PON Riau 2012," katanya.

Sementara untuk atlet putra, kata dia, tidak satupun yang terpilih. Kondisi itu tentu merupakan penurunan mengingat pada SEA Games 2011 justru dapat menyumbangkan sebanyak tiga atlet terbaik.

Pengurus Besar Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PB PTSI) pada pelatnas SEA Games 2013, lanjut dia, hanya memanggil atlet sebanyak 24 atlet yang terdiri dari 12 putra dan putri. Jumlah itu juga sesuai kuota yang tersedia.

"PB PTSI seharusnya memanggil lebih banyak atlet lalu dilakukan seleksi untuk melihat kemampuan atlet. Bukan seperti sekarang yang dipanggil langsung sesuai kuota yang tersedia," ujarnya.

Pelatih takraw lainnya, Muhammad Amkar, sebelumnya telah mempromosikan tiga atlet sulsel untuk memperkuat timnas di SEA Games XXVII. Ketiga petakraw Sulsel yakni Zulfikar, Askar, dan Firmansyah, dinilai memiliki kemampuan dan postur yang ideal untuk mengisi posisi tekong.

Selain memiliki kualitas dan postur yang mendukung, menurut dia, ketiga atlet tersebut dilihat dari faktor usia masih sangat muda yakni sekitar 20-21 tahun.

Editor : Farochah

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024