Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik mendorong agar Kabupaten Mamasa fokus pada pengembangan kawasan hortikultura dan pariwisata sehingga daerah itu dapat maju dan berkembang dengan memiliki karakteristik tersendiri. 

"Kita ingin Mamasa menjadi kawasan hortikultura dan pariwisata. Silahkan pemimpinnya menterjemahkan itu melalui program-programnya. Artinya, alokasi anggarannya harus lebih besar yang diprioritaskan," kata Akmal Malik, pada Peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Mamasa, Sabtu. 

Penjabat Gubernur juga meminta Pemkab Mamasa menjalankan arahan Presiden Joko Widodo agar menciptakan sesuatu yang sangat khas dari daerah itu. 

"Sesuai dengan arahan Presiden agar suatu daerah atau kabupaten memiliki kekhasan yang menjadi unggulan daerahnya. Jadi, Pemkab Mamasa harus mampu menciptakan ciri khas yang dapat menjadi unggulan daerah itu," ujar Akmal Malik. 

Pada kesempatan itu, Penjabat Gubernur menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah dan seluruh masyarakat Mamasa karena apa sudah mereka capai dalam 21 tahun ini sudah sangat baik.

"Pemkab Mamasa bisa berkolaborasi melaksanakan tugas-tugas pelayanan publik yang capaiannya sudah lumayan bagus walaupun beberapa hal masih harus dibenahi ke depan," kata Akmal Malik. 

Ia menegaskan apa yang sudah dicapai oleh Pemkab Mamasa memang tidak sempurna, namun itu bukan menjadi tolak ukur dalam pembangunan. 

Akmal Malik mengajak semua pihak untuk berbenah dan memperbaiki segala kekurangan yang selama ini terjadi.

"Tidak ada gading yang tidak retak, mari kita benahi, kita perbaiki terus kekurangan-kekurangan yang terjadi dan kita berharap ke depan Mamasa akan lebih baik lagi," ujarnya. 

Ia juga menyampaikan agar pemerintah daerah tidak terlalu banyak melaksanakan program yang dapat menghabiskan anggaran daerah. 

Menurut dia, anggaran itu tidak akan cukup, sehingga pemerintah daerah perlu fokus ke program yang menjadi kekhasan daerahnya.

"Fokus ke satu titik saja, sehingga daerah ini memiliki kelebihan dibanding daerah lain," kata Akmal Malik.

Sementara itu, Bupati Mamasa Ramlan Badawi menyampaikan terima kasih kepada seluruh tokoh pejuang pembentukan Mamasa dan segenap lapisan masyarakat yang berkontribusi menjaga toleransi antar-umat beragama.

Ia mengajak seluruh elemen di Mamasa untuk terus menjaga dan meningkatkan kerukunan masyarakat serta kebersamaan karena hal tersebut merupakan faktor yang dapat membangun daerah dengan memperkokoh dan menjaga toleransi antar-umat beragama di Kabupaten Mamasa. 

"Saya berharap kiranya kita memperkokoh kebersamaan untuk melanjutkan pembangunan Kabupaten Mamasa," ucap Ramlan Badawi.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024